Panduan Mahasiswa
A. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang digunakan pada prodi doktor mencakup 4 aspek; sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus dan pengetahuan. Sikap- Menunjukkan sikap Pancasilais dan kesadaran terhadap kepentingan bangsa dan negara;
- Menunjukkan sikap jujur, bertanggung-jawab, percaya diri, kematangan emosional, beretika, mandiri, adaptif, dan kesadaran menjadi pembelajar sepanjang hayat.
- Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk menghasilkan solusi sesuai bidang keahlian secara berintegritas yang diwujudkan dalam dokumen saintifik;
- Mampu mengembangkan peta jalan penelitian untuk menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin;
- Mampu mengembangkan jaringan kerja, beradaptasi, berkreasi, berkontribusi, melakukan supervisi, mengevaluasi dan mengambil keputusan dalam rangka menunjukkan kinerja mandiri dan kelompok untuk menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat.
- Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dengan memanfaatkan teknologi kesehatan mutakhir dalam Ilmu Biomedik, Kedokteran Klinik, Kesehatan Masyarakat, Gizi, Keperawatan atau Pendidikan Kedokteran melalui pendekatan riset translasional berdasarkan etika penelitian sehingga menghasilkan karya yang kreatif, original dan teruji;
- Mampu mengelola dan memimpin riset dengan pendekatan inter, multi dan transdisipliner serta peka terhadap kearifan lokal untuk menemukan jawaban dan atau memecahkan permasalahan kesehatan di tingkat nasional, regional maupun global;
- Mampu menghasilkan dan menyebarluaskan karyanya dalam bentuk publikasi ilmiah di jurnal internasional bereputasi, dan atau menerapkan model, paten atau kebijakan untuk kemaslahatan masyarakat;
- Mampu mengevaluasi konsep integritas akademik secara umum dan konsep plagiarisme secara khusus, dalam hal jenis plagiarisme, konsekuensi pelanggaran dan upaya pencegahannya;
- Mampu mengkritisi filosofi keilmuan di bidang Ilmu Kedokteran dan Kesehatan; dan
- Mampu mengombinasikan filosofi ilmu pada salah satu bidang Biomedik, Kedokteran Klinik, Kesehatan Masyarakat, Gizi, Keperawatan atau Pendidikan
CPL | MKDU | MKPD Substansi Bidang Ilmu | MKPD Teknik dan prosedur | MKPD Metodologi & Penulisan | ||||||||
Biostatistik | Metopen Kuantitatif | Metopen Kualitatif | Bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat | Bidang Ilmu Kedokteran Klinik | Bidang Ilmu Biomedik | Bidang Ilmu Gizi Kesehatan | Bidang Ilmu Keperawatan | Bidang Ilmu Pendidikan Kedokteran | ||||
SIKAP | ||||||||||||
S1 | Menunjukkan sikap Pancasilais dan kesadaran terhadap kepentingan bangsa dan negara | V | V | V | V | V | V | V | V | V | ||
S2 | Menunjukkan sikap jujur, bertanggung-jawab, percaya diri, kematangan emosional, beretika, mandiri, adaptif, dan kesadaran menjadi pembelajar sepanjang hayat | V | V | V | V | V | V | V | V | V | V | V |
PENGETAHUAN | ||||||||||||
P1 | Mampu mengevaluasi konsep integritas akademik secara umum dan konsep plagiarisme secara khusus, dalam hal jenis plagiarisme, konsekuensi pelanggaran dan upaya pencegahannya | V | V | V | V | V | V | V | V | V | V | |
P2 | Mampu mengkritisi filosofi keilmuan di bidang Ilmu Kedokteran dan Kesehatan | V | V | V | V | V | V | V | V | V | V | V |
P3 | Mampu mengombinasikan filosofi ilmu pada salah satu bidang Biomedik, Kedokteran Klinik, Kesehatan Masyarakat, Gizi, Keperawatan atau Pendidikan Kedokteran | V | V | V | V | V | V | V | V | V | V | |
KETERAMPILAN KHUSUS | ||||||||||||
KK1 | Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dengan memanfaatkan teknologi kesehatan mutakhir dalam Ilmu Biomedik, Kedokteran Klinik, Kesehatan Masyarakat, Gizi, Keperawatan atau Pendidikan Kedokteran melalui pendekatan riset translasional berdasarkan etika penelitian sehingga menghasilkan karya yang kreatif, original dan teruji | V | V | V | V | V | V | V | V | V | V | V |
KK2 | Mampu mengelola dan memimpin riset dengan pendekatan inter, multi dan transdisipliner serta peka terhadap kearifan lokal untuk menemukan jawaban dan atau memecahkan permasalahan kesehatan di tingkat nasional, regional maupun global | V | V | V | V | V | V | V | V | V | V | |
KK3 | Mampu menghasilkan dan menyebarluaskan karyanya dalam bentuk publikasi ilmiah di jurnal internasional bereputasi, dan atau menerapkan model, paten atau kebijakan untuk kemaslahatan masyarakat | V | V | V | V | V | V | V | V | V | ||
KETERAMPILAN UMUM | ||||||||||||
KU1 | Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk menghasilkan solusi sesuai bidang keahlian secara berintegritas yang diwujudkan dalam dokumen saintifik | V | V | V | V | V | V | V | V | V | V | V |
KU2 | Mampu mengembangkan peta jalan penelitian untuk menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin | V | V | V | V | V | V | V | V | V | V | V |
KU3 | Mampu mengembangkan jaringan kerja, beradaptasi, berkreasi, berkontribusi, melakukan supervisi, mengevaluasi dan mengambil keputusan dalam rangka menunjukkan kinerja mandiri dan kelompok untuk menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat | V | V | V | V | V | V | V | V | V | V |
B. Struktur Kurikulum
Struktur kurikulum yang dijalankan pada prodi doktor sebanyak 48 SKS dengan rincian sebagai berikut:Semester | Kegiatan Akademik | SKS |
1 | Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) Ber-sks (Metodologi Penelitian Kuantitatif, Metodologi Penelitian Kualitatif, dan Biostatistik) | 6 |
Pelatihan GCP, GCLP, GHRP, dan Program Me-mo | Non SKS | |
2 | Mata Kuliah Penunjang Disertasi (MKPD) Ber-sks (Terkait Metodologi dan penulisan, Substansi Bidang Imu, Teknik atau prosedur) | 6 |
Me-mo Systematic Review | Non SKS | |
3 | Proposal disertasi (penulisan Pra Kompre dan Ujian Komprehensif) | 8 |
4-6 | Penelitian, Seminar kemajuan studi, Seminar Hasil Penelitian | 28 |
7-8 | Penulisan Disertasi, Naskah Disertasi dan Ujian | |
DBR | MKDU berbeda | 6 |
Jumlah | 48 |
C. Mata Kuliah
Mata kuliah yang dijalankan pada Prodi Doktor terdapat 2 jenis, yaitu Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) yang bersifat wajib dan Mata Kuliah Penunjang Disertasi (MKPD) yang bersifat pilihan. mahasiswa bebas memilih MKPD sesuai dengan kebutuhan disertasinya dan sesuai arahan tim promotornya. MKPD dibagi menjadi 3 kelompok besar yaitu teknik, bidang ilmu dan metodologi. Jumlah MKPD yang ditawarkan Prodi Doktor sebanyak 153 MKPD, tetapi mahasiswa diperkenankan mengajukan MKPD baru jika diperlukan sesuai dengan arahan dari tim promotor. Berikut daftar mata kuliah yang ditawarkan Prodi Doktor:Semester | SUBSTANSI | Mata Kuliah |
1 | Mata Kuliah Dasar Umum | Metodologi Penelitian Kualitatif |
Metodologi Penelitian Kuantitatif | ||
Biostatistika | ||
2 | MKPD Terkait Metode Penelitian | Action Research |
Epidemiology II: Design and Analysis of Epidemiology | ||
Studies | ||
Epidemiology III: Design Clinical Research | ||
Evidence Based Medicine | ||
Fenomenologi | ||
Implementasi Research | ||
Metode Penelitian Eksperimental | ||
Metode Penelitian Eksperimental di bidang Keperawatan | ||
Metode Penelitian Eksperimental untuk Intervensi | ||
Kesehatan Masyarakat | ||
Metodologi Penelitian (Observasional) | ||
Metodologi Penelitian Biologi Molekuler | ||
Metodologi Penelitian Kanker pada Hewan Coba | ||
Metodologi Penelitian Laboratorium | ||
Metodologi Penelitian Lapangan | ||
Penelitian Mixed Methods | ||
Pengembangan Instrumen | ||
MKPD Terkait Penulisan Manuskrip dan Systematic Review | Cochrane Systematic Review dan Meta-analisis | |
Integrative Review | ||
Menulis manuskrip untuk publikasi internasional | ||
Menulis protokol dan publikasi Systematic Review | ||
Menyusun proposal penelitian | ||
MKPD terkait Substansi Bidang Ilmu Biomedik | Actinomycetes Bacteria | |
Anatomi Neuromuskular Sistem Respirasi | ||
Bio Marker in Brain Infarction | ||
Biokimia Sindrom Metabolik | ||
Biologi Molekuler Lanjut | ||
Biologi Nyamuk | ||
Biomekanika, Kinesiologi | ||
Drug Discovery and Development | ||
Drug Interaction & Adverse Drug Reaction | ||
Efek Olahraga Pada Penanda Molekuler & Imunologi | ||
Fungsi Hippocampus Hewan Model Degenerasi | ||
Elusidasi Struktur | ||
Epidemiologi Penyakit Cacing Zoonotik pada Hewan | ||
Exercise Physiology | ||
Farmakoekonomi | ||
Farmakoepidemiologi | ||
Farmakokinetika & Farmakodinamika | ||
Farmakologi Antibiotik dan Resistensi Antibiotik | ||
Filariasis Limfatik dan Non Limfatik | ||
Fisiologi Muskuloskeletal dan Latihan Keseimbangan | ||
Fisiologi Respirasi | ||
Genetika Molekuler | ||
Herbal Medicine Development | ||
Imunologi | ||
Micro RNA Function in Cancer | ||
Micro RNA in Metabolic Syndrome | ||
Mikroteknik | ||
Molekuler Diabetes | ||
Molekuler Mikrobiologi (Ekspresi Gen Bakteri) | ||
Neuroanatomi dan Aspek Molekuler | ||
Nutrigenomik | ||
Onkologi Molekuler | ||
Patologi Kanker, Sirkulating Tumor dan miRNA | ||
Pengendalian Vektor | ||
Pharmacogenomic | ||
Special Topics in Immunology | ||
MKPD terkait Substansi Bidang Ilmu Gizi | Gizi dalam daur kehidupan | |
Gizi dan dietetik | ||
Issue gizi masyarakat | ||
Nutrigenomik dan nutrigenetik | ||
Pangan fungsional dan nutraceutical | ||
Pengembangan produk pangan | ||
Penilaian status gizi | ||
MKPD terkait Substansi Bidang Ilmu Keperawatan | Aplikasi dan Pengembangan Teori Keperawatan | |
Evaluasi Pelatihan | ||
Kualitas Hidup | ||
Perawatan Anak dengan Sakit Kronis | ||
Perawatan Paliatif | ||
MKPD terkait Substansi Bidang Ilmu Kesehatan Klinik | Aplikasi klinis sel punca (stem cell) | |
Aspek Klinis Tumor Otak | ||
Aspek Molekuler Tumor Otak | ||
Bedah Plastik | ||
Biologi molekuler kanker urothelial | ||
Cancer epidemiology (dr. Idw) | ||
Cancer genetics and epigenetics | ||
Carcinogenesis different types of Cancer | ||
Dogma central biologi molekuler | ||
Hormone and Breast Cancer pathogenesis | ||
Kanker payudara | ||
Klinis Tumor dan PA | ||
Nyeri & Symptomp Lain pada Pasien Kritis | ||
Open Heart Surgery | ||
Osteoarthritis | ||
Overview genetik kelainan kongenital | ||
Overview of human genome | ||
Overview of next- generation sequencing (NGS) | ||
Patofisiologi & Penangganan Trauma Ekstremitas Bawah | ||
Patofisiologi Stroke | ||
Pemanfaatan NGS untuk riset COVID-19 | ||
Pemanfaatan NGS untuk riset dasar | ||
Pemanfaatan NGS untuk riset klinis dan pelayanan | ||
Pemeriksaan Imunohistokimia | ||
Precision medicine | ||
Program Rehabilitasi Trauma Ekstremitas Bawah | ||
Reformasi PengendalianStroke Di Indonesia | ||
Respon Imun terhadap Trauma | ||
Sarkoma jaringan lunak | ||
Thermal, Chemical and Electrical Injury. | ||
Wound care. ( Acute and chronic wound) | ||
Wound healing : normal and abnormal. | ||
Wound Healing in diabetic patient | ||
MKPD terkait Substansi Bidang Ilmu Kesehatan masyarakat | Analisis dan Visualisasi Data Kesehatan | |
Behavior Modification and Health Promotion | ||
Biostatistics II: Multivariable Analysis | ||
Biostatistics III: Logistic Regression, Log Linear and | ||
Survival Analysis | ||
Biostatistics IV: Secondary Data Analysis | ||
Epidemiology IV: Meta analysis | ||
Informatika dan Kesehatan Digital | ||
Population Health II: Design, Monitoring, and Evaluation of | ||
Population Health Project | ||
Population Health III: Surveillance of Population Health | ||
Population Health IV: Gender Based Violence | ||
MKPD terkait Substansi Bidang Ilmu Pendidikan | Assessment Development | |
Educating Ethics and Professionalism | ||
Facilitating Learning | ||
Innovation in Medical and Health Professions Education | ||
Instructional Development and Curriculum Development | ||
Learning How People Learn | ||
Learning Resource | ||
Management, Leadership, and Policy | ||
Quality Assurance | ||
Research in Medical and Health Professions Education | ||
Scientific Publication | ||
Workplace-based learning | ||
MKPD terkait Teknik dan Prosedur | Hispatologi dan Metode Teknik | |
Intepretasi Hasil Pemeriksaan IHC | ||
Kultur Makrofagi | ||
Metode Laboratorium Histologi, Biologi sel Molekuler dan | ||
Imunologi terkait Traktus Digestivus Tikus Model Diabetes | ||
Metode Pemeriksaan Specimen Penelitian di PA | ||
Pemeriksaan Biologi Molekuler | ||
Pemeriksaan Jaringan dan Transkriptomik | ||
Pemeriksaan Laboratorium Inflamasi dan Cedera | ||
Pemeriksaan Laboratorium Inflasi dan Cedera | ||
Kardiovaskuler | ||
Pemeriksaan Nabs dan IgG | ||
Pemeriksaan Teknik Laboratorium | ||
Pengenalan metode Sequencing (Sanger s/d NGS) | ||
Teknik Antropometri | ||
Teknik Biologi Molekuler | ||
Teknik Biologi Molekuler I | ||
Teknik Biomolekuler 1 & 2 | ||
Teknik Biomolekuler Dasar | ||
Teknik Genetik Molekuler | ||
Teknik In Vivo dengan Hewan Coba Model DM | ||
Teknik Kultur | ||
Teknik Laser | ||
Teknik Latihan Pada Hewan Coba | ||
Teknik Model Hewan Coba | ||
Teknik Molekuler | ||
Teknik Pemeriksaan Laboratorium | ||
Teknik Pemeriksaan PCR, IHC, ELISA | ||
Teknik pemeriksaan SNP/CNV (PCR- RFLP, qPCR, | ||
MLPA, Sequencing) | ||
Teknik Penelitian Eksperimen Jaringan dan Genomik | ||
Teknik Riset Biologi Molekuler | ||
Reproduksi | ||
Teknik Riset Seluler & Molekular |
Download PDF
Kurikulum
1.05 MB
1 file(s)