Publikasi

Pengertian

Publikasi ilmiah adalah salah satu komponen penting dalam pendidikan tinggi. Dosen dan mahasiswa khususnya di tingkat doktoral sebagai peneliti dituntut untuk memiliki publikasi di jurnal internasional sebagai salah satu hasil dari penelitian yang telah dilakukan. Tidak hanya sembarang jurnal, kita dituntut mempublikasi hasil penelitian di jurnal terindeks, termasuk di Program Studi Doktor FK-KMK UGM mensyaratkan bagi mahasiswa doktoral untuk publikasi jurnal minimum pada Quartile 3 (Q3).

Saat ini ribuan jurnal diterbitkan di seluruh dunia. Namun, tidak sedikit jurnal-jurnal predator yang menawarkan proses submisi yang mudah dan cepat namun tidak bisa dipertanggungjawabkan kualitasnya. Hal ini perlu diwaspadai agar artikel dapat dipublikasikan di jurnal terindeks dan terjamin kualitasnya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Dikti telah mengidentifikasi jurnal-jurnal yang harus dihindari sebab dipertanyakan kredibilitasnya. Daftar dapat diakses melalui tautan berikut: https://pak.kemdikbud.go.id/portalv2/jurnal-yang-harus-dihindari/?fbclid=IwAR2zdFI1J5jp7Rtq_30HGatG-4VSS4bMo6auiW_6PT5JLJTJwLN5f1e_zj8

Tautan daftar lengkap Discontinued Sources List Scopus Edisi Agustus 2023:
https://docs.google.com/spreadsheets/d/1K5PRrp18gExUWFNatwdZIXJYuNNFEvGf/edit?pli=1#gid=490366355

Pemilihan jurnal memerlukan pertimbangan dari aspek kualitas jurnal. Bagi mahasiswa yang submit manuskrip ke jurnal yang diskontinyu Scopus setelah bulan Oktober 2023 dan manuskripnya kemudian accepted atau terpublikasi, maka manuskrip tersebut tidak dapat digunakan sebagai syarat untuk ujian tertutup.

Tips Memilih Jurnal yang Benar

Mengirimkan naskah ke jurnal yang tidak relevan adalah kesalahan umum yang mungkin menyebabkan manuskrip ditolak sebelum peer review. Memilih jurnal yang sesuai akan meningkatkan kemungkinan bahwa manuskrip Anda akan diterima. Klik tombol dibawah ini untuk mempelajari lebih lanjut.

Publikasi Mahasiswa dan Alumni Prodi Doktor FKKMK UGM