Panduan Mahasiswa
A. Struktur Organisasi Program Studi
Bila dalam pengamatan ditemukan bahwa professional behaviour mahasiswa tidak baik, maka akan diberikan bimbingan-bimbingan yang diperlukan oleh Komite Perilaku Profesional (KPP). Komite Perilaku Profesional adalah komite yang dibentuk dengan SK Dekan, yang bertugas:
- Mengembangkan sistem organisasi untuk perencanaan, pelaksanaan dan pembinaan perilaku professional
- Mengembangkan sistem pembinaan mahasiswa, staf akademik dan staf non akademik dalam pelaksanaan perilaku profesional
- Mengembangkan pedoman pelaksanaan dan pembinaan perilaku professional
- Mengembangkan model pembelajaran dan penilaian perilaku profesional yang berkesinambungan pada tingkat Pendidikan S1, Profesi, S2, S3 ataupun PPDS
1. Pengurus Program Studi
Pengurus program studi doktor terdiri dari
- Pengelola prodi yang terdiri dari Ketua Program Studi (Kaprodi) ditetapkan berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada Nomor 1095/UN1.P/KPT/HUKOR/2021 dan Sekretaris Program Studi (Sekprodi) ditetapkan berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada Nomor 327/UN1.P/KPT/HUKOR/2021 yang berlaku selama 5 (lima) tahun dari Juni 2022 hingga 2026;
- Komite Standar Akademik (KSA) ditetapkan berdasarkan Keputusan Dekan FKKMK UGM Nomor 113/UN1/FKKMK/KPT/TU/2022 yang berlaku 1 (satu) tahun dan akan diperbaharui setiap tahunnya; dan
- Tim Jaminan Mutu ditetapkan berdasarkan Keputusan Dekan FKKMK UGM Nomor 71/UN1/FKKMK/KPT/TU/2022 yang berlaku selama 5 (lima) tahun dari 2022 hingga 2026
Penanggung jawab | dr. Yodi Mahendradhata, M.Sc., PhD, FRSPH |
Ketua | Prof. dr. Adi Utarini, M.Sc., MPH., Ph.D. |
Sekretaris | Dr. Fitri Haryanti, S.Kp.,M.Kes |
KSA | Dekan (ex officio) Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (ex officio) |
KSA Bidang Ilmu Biomedik | Prof. Dr. Mustofa, M.Kes., Apt. Prof. dr. Sofia Mubarika, M.Med.Sc., Ph.D. Prof. dr. Marsetyawan HNES., M.Sc., Ph.D. |
KSA Bidang Ilmu Kedokteran Klinik | Prof. Dr. dr. Hardyanto Soebono, Sp.KK(K). Prof. dr. Hari Kusnanto, SU., Dr.PH. Prof. dr. Mohammad Hakimi, Sp.OG(K)., Ph.D. Prof. Dr. dr. Nyoman Kertia, Sp.PD-KR. Prof. dr. Sri Suparyati Soenarto, Sp.A(K)., Ph.D. Prof. dr. Teguh Aryandono, Sp.B(K)Onk. |
KSA Bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat | Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc., Ph.D. Prof. Dra. RA. Yayi Suryo Prabandari, M.Si., Ph.D. (Ketua KSA) |
KSA Bidang Ilmu Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan | Prof. dr. Mora Claramita, MHPE., Ph.D. (Sekretaris KSA) Prof. dr. Gandes Retno Rahayu, M.Med.Ed., Ph.D. |
KSA Bidang Ilmu Keperawatan | Lely Lusmilasari, S.Kp., M.Kes. Prof. Intansari Nurjannah, S.Kp., M.N.Sc., Ph.D. |
KSA Bidang Ilmu Gizi Kesehatan | Dr. dr. Emy Huriyati, M.Kes. Dr. Siti Helmyati, DCN., M.Kes. |
Tim Jaminan Mutu | Dr. dr. Emy Huriyati, M.Kes. Dr. Siti Helmyati, DCN., M.Kes. |
2. Dosen Program Studi Dokter
Dosen Prodi Doktor berasal dari departemen-departemen di bawah FKKMK UGM. Tugas dosen berperan dalam mengampu mata kuliah MKDU, MKPD, membimbing serta menguji. Berikut daftar nama dosen dan bidang keahliannya:
No | Nama Dosen | Bidang Keahlian |
1 | Prof. Dr. dr. Adi Heru Sutomo, M.Sc., D.Comm.Nutr | Ilmu kesehatan masyarakat, Ilmu kesehatan kerja, Ilmu kesehatan lingkungan, Ilmu kedokteran keluarga, Ilmu kedokteran kependudukan |
2 | Prof. dr. Adi Utarini, M.Sc., MPH.,Ph.D. | Receasrch Metodology, Quality Health service policy and management, Qualitative research |
3 | Prof. Dr. dr. Agus Supartoto, Sp.M.(K). | Oftalmologi onkologi, Oftalmologi Rekontruksi, Bedah Refraktif |
4 | Prof. Dr. dr. Budi Yuli Setianto, Sp.PD(K), Sp.JP(K) | Kardiovaskular, kardiologi Intervensi, Kardiologi kritis dan perawatan intensiv |
5 | Prof. dr. Djaswadi Dasuki, Sp.OG., MPH., Ph.D. | Obstetrics Gynecology , Maternal Health, Public Health, Reproductive Health |
6 | Prof. dr. Djauhar Ismail, Sp.A(K), MPH., Ph.D. | Tumbuh kembang dan pedriati sosial |
7 | Prof. Dr. dr. Elisabeth Siti Herini, Sp.A(K) | Pediatric, Pediatric Neurology |
8 | Prof. Dr. Dra. Erna Kristin, Apt., M.Si. | Pharmacology |
9 | Prof. dr. Gandes Retno Rahayu, M.Med.Ed., Ph.D. | Medical and Health Professional Education |
10 | Prof. dr. Gunadi, Ph.D, Sp.BA | moleculer genetics, molekuler biology, bedah anak, neuroscience,hepatobiliary and gastrointestinal surgery |
11 | Prof. Dr. dr. Hardyanto, Sp.KK(K). | Dermatologi tropis dan infeksi, Alergi imunologi, Fotodermatologi, Regenerative Dermatology |
12 | Prof. dr. Hari Kusnanto Josef, SU., Dr.PH. | Family and Community Medicine |
13 | Prof. Dr. dr. Heru Pradjatmo, Sp.OG(K). M.Kes. | Oncology gynecology, Obstetri and gynecology |
14 | Prof. Intansari Nurjannah, S.Kp., M.NSc., PhD | Keperawatan jiwa, Keperawatan dasar, Pengobatan Komplementer |
15 | Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc., Ph.D. | Public Health, Health Policy, Management |
16 | Prof. dr. Madarina Julia, Sp.A(K), MPH., Ph.D. | Endokrinologi |
17 | Prof. Dr. Dra. Mae Sri Hartati Wahyuningsih, Apt., M.Si. | Drug development, Drug Dicovery, Mekanisme aksi bahan alam, Nutraceutical, Prescription, Pharmaceutical dosage form, Pdrug |
18 | Prof. dr. Marsetyawan Heparis Nur Ekandaru, M.Sc., Ph.D. | Histologi & biologi sel, Imunologi, Imunologi mukosa |
19 | Prof. dr. Mohammad Hakimi, Sp.OG, Ph.D. | Obstetrics & Gynecology |
20 | Prof. dr. Mora Claramita, MHPE., Ph.D | Teaching and learning, Communication skills, Curriculum Development, Community based education, Interprofesional Collaboration, Metodologi Kualitatif |
21 | Prof. Dr. Mustofa, Apt., M.Kes. | Pharmacology and Therapy |
22 | Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Ph.D., Sp.OG(K) | Clinical teaching, Medical Education, Obstetri dan ginekologi, Kesehatan Reproduksi |
23 | Prof. Dra. Raden Ajeng Yayi Suryo Prabandari, M.Si., Ph.D. | Public Health, Health Behavior and Behavioral Change, Health Promotion and Education, Medical and Health Profession Education |
24 | Prof. Dr. Med. dr. Retno Danarti, Sp.KK(K) | dermatologi anak dan genodermatologi |
25 | Prof. Dr. dr. Samekto Wibowo, Sp.S(K)., Sp.S(K). | Stroke |
26 | Prof. dr. Siswanto Agus Wilopo, SU, M.Sc, Sc.D | Ilmu kesehatan masyarakat, Metodologi penelitian, Demografi Kesehatan , Kesehatan ibu dan anak, Biostatistik, Epidemiologi |
27 | Prof. dr. Sofia Mubarika Harjana, M.Med.Sc., Ph.D. | Histologi & biologi sel, Cancer biology molecular, Functional genomics/ Non coding RNA/micro RNA, Cancer / Aging Biomarkers |
28 | Prof. dr. Sri Suparyati Soenarto, Ph.D., Sp.A(K). | Ilmu Kesehatan Anak Gastrohepatologi |
29 | Prof. Dr. Sri Suryawati | Pharmaceutical policy and management, Drug evaluation and pre market authorization process, Rational use of medicine, Community empowerment , International drugs control system |
30 | Prof. Dr. dr. Sri Sutarni, Sp.S(K). | Neuro otologi, Neuro toksikologi, Neuro pediatri |
31 | Prof. Dr. Dra. Sunarti, M.Kes. | Biologi Lingkungan, Ilmu Kedokteran Dasar, Ilmu Kedokteran Dasar & Biomedis, Nutrigenomik, Nutrigenetik |
32 | Prof. dr. Sunartini, Sp.A(K), Ph.D. | Neurologi Anak, Kesehatan anak |
33 | Prof. Dr. dr. Teguh Aryandono, Sp.B.(K)Onk | Bedah Onkologi |
34 | Prof. dr. Titik Nuryastuti, M.Si., Ph.D, SpMK(K) | microbial biofilm dan infeksi terkait biofilm, pengembangan obat baru antibiotik, antijamur, dan antibiofilm, resistensi antibiotik, healthcare associated anfection, mycobacterium tuberculosis dan NTM |
35 | Prof. dr. Tri Baskoro Tunggul Satoto, M.Sc.,Ph.D | entomologi kesehatan, penyakit tropis, penyakit tular vektor |
36 | Prof. dr. Tri Wibawa, Ph.D., Sp.MK(K) | Clinical microbiology |
37 | Prof. Dr. dr. Y. Widodo Wirohadidjojo, Sp.KK.(K) | Onkologi dan bedah kulit, stem cell, wound healing, skin aging |
38 | dr. Ahmad Hamim Sadewa, Ph.D. | Molecular Genetics, Molecular Biology |
39 | dr. Anggoro Budi Hartopo, Sp.PD., M.Sc., Sp.JP., Ph.D | Kardiologi Klinik, Biomarka Kardiovaskular, Biologi Molekular |
40 | dr. Arief Budiyanto, Ph.D.Sp.KK(K) | Dermatology |
41 | dr. Arta Farmawati, Ph.D. | Nutrition, Sport Science, Biochemistry |
42 | Dr. Budi Mulyaningsih, Apt., M.S | Parasitologi kedokteran, Entomologi Kedokteran , Helmintologi Kedokteran, Pengendalian vektor |
43 | Dr. dr. Carla Raymondalexas Marchira, Sp.KJ(K) | Psikiatri komunitas dan budaya, Skifofrenia, Early psychosis, Psikoterapi |
44 | Christantie Effendy, S.Kp., M.Kes., Ph.D | Palliative care and cancer care, Chronical/long term care, Patient centered care, Quality of life and quality of end of life, Wound care management, Quality indicators and Quality of care, Mixed method and Dephi method |
45 | Dr. dr. Denny Agustiningsih, M.Kes., AIFM. | Fisiologi system kardiovaskular, Fisiologi olahraga, Fisiologi system respirasi |
46 | Dr. dr. Dicky Moch Rizal, M.Kes., Sp.And., AIFM. | Andrology , Physiology |
47 | Dr. dr. Dwi Cahyani Ratna Sari, M.Kes.PA(K) | Anatomy , Neuroanatomi |
48 | dr. E. Elsa Herdiana Murhandarwati, M.Kes., Ph.D | GCLP, Tropical Medicine, Malaria |
49 | Dr. dr. Emy Huriyati, M.Kes. | Gizi masyarakat, Nutrigenetik, Public Health Nutrition, Gizi klinik |
50 | Dr.dr. Eti Nurwening Sholikhah, M.Kes. | Experimental Pharmacology, Drug Development, Toxicology , Antimalaria |
51 | Dr. Fatma Zuhrotun Nisa`, STP., M.P. | Food science & Nutrition, Food technology, Food safety and food security, Functional food, Food science and management |
52 | dr. Fatwa Sari Tetra Dewi, MPH., Ph.D | Public Health |
53 | Dr. dr. Hera Nirwati, M.Kes, Sp.MK | Mikrobiologi Klinis, Patogen enterik, Biosafety |
54 | Dr. dr. Irianiwati, Sp.PA.(K) | Pathology |
55 | Janatin Hastuti, S.Si., M.Kes., Ph.D | Anestesi, Komposisi bahan, Aktivitas fisik, Obesitas, Body image |
56 | Lely Lusmilasari, S.Kp., M.Kes.,Ph.D | Keperwatan anak, Promosi kesehatan dan manajemen pelayanan keehatan anak dalam konteks keluarga, Pengembangan Instrumen |
57 | Dr. Lily Arsanti Lestari, S.T.P., M.P. | Functional food, Food microbiology, Food safety and food security, Halal food |
58 | dr. Mei Neni Sitaresmi, Sp.A(K)., Ph.D. | Pediatrics |
59 | Dr. Mirza Hapsari Sakti Titis Penggalih, S.Gz., Dietisien, MPH | Ilmu gizi, Antropometri, Sport Nutrition, Gizi di usia remaja, Pengembangan produk makanan khususnya untuk olahraga, Food service, Gizi masyarakat |
60 | Dr. dr. Mubasysyir Hasanbasri, MA | public health, primary health care, social medicine |
61 | dr. Muhammad Bayu Sasongko, M.Epi, Ph.D., Sp.M | ophthalmology |
62 | Dra. Neni Trilusiana Rahmawati, M.Kes., Ph.D. | antropometri, somatotipe, komposisi bahan, antroppologi olahraga |
63 | Dr. Dra. Pramudji Hastuti, Apt., MS. | genetika, polimorfisme, populasi, metabolomik |
64 | dr. R. Detty Siti Nurdiati Z, MPH., Ph.D., Sp.OG(K). | evidence based medicine, obstretics and gynecology, reproductive health, nutrition |
65 | dr. Retno Sutomo, Sp.A(K), Ph.D. | Tumbuh kembang dan pedriati sosial |
66 | dr. Rina Susilowati, Ph.D. | histologi, mikroteknik, stereologi, biologi sel molekuler, imunologi, neurobiologi, endokrin |
67 | dr. Rr. Titi Savitri Prihatiningsih, MA, M.Med.Ed.,Ph.D. | curriculum development, quality assurance and programme evaluation in higher education, educational leadership and management, project management |
68 | Dr. Siti Helmyati, DCN., M.Kes | community nutrition |
69 | Dr. Dra. Suhartini, Apt., SU | toksikologi forensik, biomolekuler, pemeriksaan penunjang kedokteran forensik |
70 | Dr. Susetyowati, DCN., M.Kes. | nutrition assesment and screening, nutrition in non communicable disease, malnutrition, functional food |
71 | Dr. Toto Sudargo, SKM., M.Kes. | gizi dan kekurangan energi protein, gizi dengan stunting, gizi dan kecerdasan, gizi dan anemia, gizi dan yodium |
72 | Dr. Tri Murini, Apt., M.Si. | farmakologi bahan alam |
73 | Dr.dr. Usi Sukorini, Sp.PK(K)., M.Kes. | clinical phatology |
74 | dr. Yanri Wijayanti Subronto, Ph.D., Sp.PD. | penyakit infeksi |
75 | dr. Yodi Mahendradhata, M.Sc., PhD, FRSPH | manajemen program kesehatan, riset implementasi, kesehatan global |
76 | dr. Yunita Widyastuti, M.Kes., Sp.An., KAP.,Ph.D | anestesi pediatrik, pain management, prognostic tool |
77 | Widyawati, S.Kp., M.Kes., Ph.D | womens health, nursing management |
78 | dr. Dwi Aris Agung Nugrahaningsih, M.Sc., Ph.D | farmakologi dan toksikologi, farmakogenomik, model hewan coba (model genetik dan non genetik), farmakologi molekuler |
79 | Dr. Fitri Haryanti, S.Kp., MKes. | Nursing |
80 | dr. Hanggoro Tri Rinonce, Ph.D, Sp.PA(K) | pathology, skin pathology, kidney pathology, male geital tract pathology, uropathology |
81 | dr. Indwiani Astuti, Dr.Med. | pharmacology and toxicology, genetics |
82 | Dr. dr. Lina Choridah, Sp.Rad.(K) | pencitraan payudara, reproduksi perempuan |
83 | dr. M. Lutfan Lazuardi, M.Kes., Ph.D. | public health, health informatics |
84 | dr. Nur Arfian, Ph.D. | cardio-vasculae-renal system (basic- translasional research), macroanatomy, molecular medicine (genomic- transcriptomis-proteomic), experimental research (animal model relare to visceral organs), in vitro technique, media ajar anatomi, 3D printing, metabolic disorders relate to organ dysfunction (diabetes, uric acid, obesity) |
85 | dr. Riris Andono Ahmad, MPH., Ph.D | epidemiology, communicable disease control, implementation research |
86 | Dr. dr. Umi Solekhah Intansari, M.Kes., Sp.PK(K) | clinical pathology, immunology |
87 | Dr. dr. Zaenal Muttaqien Sofro, AIFM | fisiologi olahraga |
3. Tenaga Kependidikan
Tenaga kependidikan program studi doktor terdiri dari 5 orang yang mempunyai tugas dan fungsi mendukung kegiatan pelayanan akademik dan kemahasiswaan serta keuangan. Berikut ini daftar nama tenaga kependidikan beserta tugas pokonya:
- Nur Mahanani, IP: koordinator sekretariat prodi doktor khususnya menangani jalannya pembelajaran akademik, berhubungan dengan dosen, jalannya mata kuliah dan koordinator pelaksanaan pertemuan-pertemuan akademik.
- Nanang Winarso: staff akademik yang menangani persuratan dan proses registrasi yang berkaitan dengan proses pendidikan mahasiswa seperti penerbitan ijazah, transkrip nilai, perijinan penelitian, Ethical Clearance (EC), dll.
- Danang Suyatno: staff akademik yang menangani data mahasiswa dan dosen serta IT pembelajaran seperti penanggungjawab pelaksanaan kuliah (luring, daring, hybrid), dokumentasi data mahasiswa, dosen, kuliah dan ujian.
- Retno Sudjiati: staff keuangan yang menangani administrasi dan keuangan program studi.
- Puji Susanto: staff umum yang menangani perlengkapan pada proses pembelajaran, ujian mahasiswa dan kegiatan prodi doktor.
B. Administrasi dan Layanan Akademik
Pelayanan mahasiswa untuk menangani keperluan-keperluan mahasiswa baik di bidang akademik maupun non-akademik di fasilitasi di pihak universitas dan fakultas. Pelayanan administrasi seperti registrasi ulang, legalisasi ijazah dan transkrip, dan pengambilan kartu ujian dapat ditemukan pada kantor administrasi mahasiswa berikut ini:
- DPP (Direktorat Pendidikan & Pengajaran)
Kantor pelayanan administrasi akademik di tingkat universitas yang berlokasi di Jalan Pancasila Boulevard, Bulaksumur ini melayani mahasiswa seperti pengambilan kartu tanda mahasiswa, herregistrasi mahasiswa, cuti, dan wisuda. Untuk informasi mengenai selengkapnya dapat di akses melalui https://akademik.ugm.ac.id/. - KPTU (Kantor Pusat Tata Usaha) Fakultas
Kantor Pusat Tata Usaha FK-KMK yang terletak di Farmako terdiri dari 2 lantai. Di kantor ini, terdapat kantor layanan akademik, kemahasiswaan, penelitian, pengabdian serta mahasiswa juga dapat mengurus surat pengajuan beasiswa, dan pendaftaran wisuda. Semua urusan terkait kemahasiswaan terdapat pada lantai bawah. - Sekretariat Prodi Doktor
Kantor administrasi di tingkat Program Studi ini terletak di Gedung Tahir Sayap Utara Lantai 3. Kantor ini melayani mahasiswa mulai dari pengurusan KRS, ijazah, transkrip, surat izin penelitian, pengurusan SKL, dll. Segala urusan persuratan terkait kemahasiswaan melalui satu pintu di sekretariat prodi doktor.
C. Perpustakaan
Perpustakaan di Universitas Gadjah Mada dapat ditemukan baik di universitas dan fakultas.
1.Perpustakaan Universitas (lib.ugm.ac.id)
Perpustakaan universitas yang berlokasi di Bulaksumur ini memiliki beberapa layanan seperti berikut ini:
- Layanan referensi
Layanan referensi berada di lantai 2 Gedung Perpustakaan Unit III atau lebih dikenal dengan sebutan Gedung ARC (Academic Resource Center) Bulaksumur. Tersedia buku-buku rujukan (reference), seperti kamus, ensiklopedi, prosiding, laporan tahunan, peraturan dan perundangan, dan buku rujukan lain. Selain itu terdapat terminal untuk mengakses internet dan wifi. Dengan ruangan ber-AC, dilengkapi juga dengan meja baca dan meja diskusi serta locker yang memungkinkan pemustaka nyaman berada dalam ruangan ini. - Layanan Penelusuran Informasi
Penelusuran informasi adalah salah satu layanan yang diberikan oleh Perpustakaan UGM bagi pemustaka yang membutuhkan penelusuran informasi, artikel maupun sumber informasi lain. Pemustaka dapat menghubungi staf penelusuran yang berada di bagian layanan jurnal/majalah dan terbitan berkala di lantai 1 Gedung ARC. Disediakan formulir penelusuran yang perlu diisi oleh pemustaka tentang informasi yang dibutuhkannya. Pemustaka tinggal menunggu hasil penelusuran tersebut, dan ini sangat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan informasi secara cepat namun tidak memiliki waktu untuk menelusur sendiri informasi yang dibutuhkannya. - Layanan Jurnal atau Terbitan Berkala
Jurnal, majalah, surat kabar maupun terbitan berkala lainnya, merupakan salah satu layanan Perpustakaan UGM bagi pemustaka. Layanan ini berada di lantai 1, Gedung Academic Resource Center (ARC) atau Perpustakaan UGM Unit III Bulaksumur. Terdapat berbagai judul majalah/jurnal cetak lepas maupun terjilid sebagai sumber informasi bagi pemustaka. Untuk memudahkan penelusuran disediakan OPAC. Ruang baca dilengkapi dengan meja baca serta meja diskusi. Beberapa terminal akses internet serta wifi guna memberikan kenyaman bagi pemustaka.
2. Perpustakaan Fakultas (https://libmed.ugm.ac.id/)
Perpustakaan FK-KMK UGM menyediakan berbagai jenis layanan.
- Layanan Keanggotaan
Kartu Anggota Perpustakaan (KAP) diberikan kepada civitas akademika (pengguna internal) untuk keperluan pinjam buku cetak, akses internet (WiFi), dan unduh konten lokal dari intranet FK-KMK UGM. Keanggotaan berlaku selama masa studi (2-5 tahun tergantung program studi). Syarat keanggotaan:- Mengisi formulir anggota (dapat diunduh di sini) dilengkapi dengan pasfoto berwarna ukuran 2×3 ditempel di kolom yang tersedia
- Membayar Rp 30.000,00 untuk mahasiswa Program S2 dan S3 (tidak dipungut biaya bagi mahasiswa Program S1, dosen dan karyawan)
- Menyerahkan formulir yang telah diisi dan biaya keanggotaan ke konter Layanan Sirkulasi.
- Layanan Kartu Baca
Kartu baca diberikan kepada pengguna luar FK-KMK UGM (pengguna eksternal) yang sering berkunjung ke Perpustakaan FK-KMK UGM. Bagi yang hanya sesekali datang dapat meminta ijin kunjungan harian. Kartu baca berlaku selama 6 bulan dan dapat diperoleh dengan biaya Rp 50.000,00 (mahasiswa Program S1) atau Rp 100.000,00 (mahasiswa Program S2, S3 atau masyarakat umum). Ijin kunjungan harian diberikan dengan biaya Rp 5.000,00/hari. Mahasiswa UGM selain dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan dikenai biaya separuh dari mahasiswa luar UGM. Permintaan kartu baca dilayani di konter Spot Control. - Layanan Peminjaman Buku
Pemilik KAP dapat meminjam buku 2 eksemplar (Program S1) atau 3 eksemplar (Program S2, S3 dan dosen/karyawan) per kali pinjam selama 14 hari. Peminjaman dapat diperpanjang selama tidak ada pemesanan atas buku yang dipinjam dan masa pinjam BELUM JATUH TEMPO. Permintaan perpanjangan pinjaman dapat dilayani melalui SMS ke 0274 8317706 dengan menyebutkan nomor KAP. Denda keterlambatan pengembalian sebesar Rp 1.000,00 per buku/hari. - Layanan Penelusuran Informasi dan Permintaan Dokumen
Anggota maupun non anggota perpustakaan dapat meminta bantuan pencarian informasi/dokumen tertentu yang tersedia maupun tidak tersedia di perpustakaan melalui petugas. Biaya per dokumen yang didapat sebesar Rp 3.000,00. Bila menghendaki cetak dokumen dibebani biaya tambahan Rp 1000,00 per halaman. Permintaan dokumen yang diperoleh dari luar Perpustakaan FK-KMK UGM dikenai tarif sesuai yang ditetapkan pemilik dokumen ditambah jasa perpustakaan. - Layanan Jurnal Cetak dan Elektronik
Koleksi jurnal cetak dilayankan untuk dibaca atau difotokopi bagian tertentu yang diperlukan. Akses dan unduh full text jurnal elektronik yang tersedia offline dapat dilakukan langsung oleh pemilik KAP 52 sementara bagi pengguna eksternal (pemilik kartu baca atau ijin kunjungan harian) akses dilayani oleh petugas. Akses full text jurnal elektronik online dalam database yang dilanggan oleh Fakultas maupun Universitas dapat dilakukan dari lingkungan kampus maupun off kampus bagi civitas akademika yang telah memiliki akun email ugm.ac.id. Pengguna eksternal dapat mengakses melalui komputer yang disediakan di Ruang Electronic Library (EL). - Layanan Karya Tulis Ilmiah
Karya tulis ilmiah (skripsi, tesis, disertasi dan karya tulis ilmiah/penelitian dosen) cetak dilayankan untuk dibaca di tempat atau difotokopi bagian tertentu yang diperlukan. Permintaan fotokopi karya tulis ilmiah oleh pengguna eksternal harus disertai dengan kesanggupan untuk menandatangani lembar pernyataan yang memuat informasi tentang nama dosen pembimbing, asal dan alamat perguruan tinggi yang bersangkutan. Lembar pernyataan yang telah ditandatangani dikirimkan kepada dosen pembimbing untuk pemberitahuan. Naskah lengkap (full text) koleksi karya tulis ilmiah elektronik dapat diakses ataupun diunduh dari kampus FK-KMK UGM (lokal) oleh civitas akademika pemilik KAP; sementara pengguna eksternal akses ke full text dilayani melalui petugas setelah ada kesanggupan untuk menandatangani lembar pernyataan. - Layanan Koleksi Khusus
Koleksi khusus di Unit Perpustakaan FK-KMK UGM meliputi koleksi referensi (ensiklopedi, kamus, manual dll), koleksi terbitan World Health Organization (WHO) dan buku teks yang dilayankan untuk dibaca ditempat atau difotokopi bagian tertentu yang diperlukan. Koleksi buku teks cadangan disebut sebagai koleksi stock. - Layanan Akses Internet dan Workstation
Unit Perpustakaan FK-KMK UGM menyediakan lebih dari 150 unit komputer (workstation) untuk dipergunakan akses Internet dan keperluan studi lainnya di Ruang Electronic Library (EL). Pemakaian komputer di Ruang EL dikenai biaya Rp 1.000,00/jam bagi akademika FK-KMK UGM dan Rp 3.000,00/jam bagi pengguna eksternal. Bagi akademika FK-KMK UGM yang menghendaki akses Internet dari laptop atau sarana akses bergerak lainnya melalui jaringan kampus dapat dilayani dengan terlebih dulu mendaftarkan ke Unit IT di Lantai 2 Gedung Perpustakaan. - Layanan Bimbingan Penelusuran Literatur
Unit Perpustakaan memberikan layanan bimbingan penelusuran literatur bagi akademika FK-KMK UGM. Waktu dan pelaksanaan bimbingan disesuaikan dengan permintaan program studi. Bimbingan umumnya dilakukan per kelompok program studi pada masa awal perkuliahan (Agustus – September untuk program S1 dan Februari/Juli untuk S2). - Layanan Fotokopi
Layanan fotokopi di Unit Perpustakaan FK – KMK UGM diselenggarakan bekerjasama dengan penyedia jasa layanan fotokopi (outsource). Permintaan fotokopi dikenai biaya Rp 150,00 (datang sendiri ke konter fotokopi) dan Rp 200,00 (bila pesan melalui petugas). - Layanan Surat Keterangan Bebas Pustaka (SKBP)
SKBP adalah surat keterangan yang diberikan kepada mahasiswa FK- KMK UGM yang memerlukan surat tersebut untuk keperluan wisuda atau yudisium. SKBP diberikan apabila yang bersangkutan telah menyerahkan naskah karya akhir dan terbukti tidak memiliki pinjaman buku perpustakaan. Syarat memperoleh SKBP:- Menyerahkan karya akhir ke Sekretariat Perpustakaan dalam format hardcopy dan softcopy dalam bentuk PDF yang telah diberi bookmark (contoh 1) lengkap dengan lampiran dan lembar pengesahan yang telah ditandatangani pejabat berwenang dan distempel (contoh 2); serta lembar pernyataan penulis/peneliti yang telah ditandatangani (contoh 3).
- Menunjukkan Bukti Penyerahan Karya Akhir dan menyerahkan Kartu Anggota Perpustakaan ke konter peminjaman untuk pengecekan
- Membayar biaya administrasi Surat Keterangan Bebas Perpustakaan sebesar Rp 10.000,00 (S1/Profesi) atau Rp 50.000,00 (S2/PPDS/S3) ke Bendahara/Sekretariat Perpustakaan. Permintaan SKBP dilayani pada jam kerja pagi/sore sebagai berikut:
Senin, Selasa, Kamis: 07:30 – 16:00 WIB
Rabu: 08:30 – 16:00 WIB
Jum’at: 07:30 – 11:00 WIB dan 13:00 – 15:00 WIB (Jum’at akhir bulan 07:30 – 11:00 dan 14:00 – 15:00)
3. Koleksi Perpustakaan FK-KMK
Koleksi sumber belajar yang tersedia dan dapat diakses dari Perpustakaan FK-KMK UGM antara lain:
No. | Jenis Pustaka | Jumlah Judul |
1 | Buku Teks | 14.247 |
2 | Buku Digital | 11.015 |
3 | Jurnal Nasional yang Terakreditasi | 27 |
4 | Jurnal Internasional bereputasi | 415 |
5 | Prosiding | 171 |
6 | Skripsi, Tesis, dan Disertasi | 22.996 |
7 | Media Audiovisual | 563 |
8 | Video Digital | 955 |
9 | Artikel Elektronik | 49.998 |
Total | 100.387 |
Sejak tahun 2003 FK-KMK UGM berlangganan EBSCO Biomedical Reference Comprehennsive (BRC) yang memuat informasi bidang biomedis sejumlah 900 judul. Selain itu FK UGM juga berlangganan ScienceDirect,
Springer Link, SAGE Journals, Scopus, Web of Science, ACS Publications, Wiley Online Library, ProQuest Academic Research Library (4000 judul) oleh sekolah Pascasarjana, EBSCO Academic Search Premier (6000 judul) oleh UPU Perpustakaan UGM dan EBSCO business Source Premier (8000 judul) oleh program Magister Manajemen. Sejak Oktober 2006 juga tersedia database The Cochrane Library yang berisi kumpulan bukti ilmiah terbaik dibidang kedokteran/kesehatan.
Sumber melalui fasilitas internet:
- Langganan FK-KMK UGM:
- The Chochrane Library: thecochranelibrary.com
- Medline: ebscohost.com
- Sciencedirect: sciencedirect.com
- Langganan DIKTI: proquest.com
- Langanan UGM: springerlink.com
- Akses tidak membayar :
D. Sistem Informasi
1. Tata tertib penggunaan sistem informasi
- Fasilitas Sistem Informasi dan Komunikasi Data
- Akses internet tidak dipungut biaya apapun
- Koneksi internet bisa dilakukan dari manapun di lingkungan FK-KMK
- Mahasiswa perlu mendapatkan username dan password yang bisa diperoleh dengan cara menghubungi IT Support
Tata tertib
- Dilarang memberikan username dan password kepada orang lain dengan alasan apapun. Kecuali kepada petugas yang berwenang.
- Tidak menggunakan data pribadi milik orang lain (kartu kredit, email, dll) untuk kepentingan pribadi
- Tidak mengunduh file-file yang dilindungi copyright (misal: mp3, film, software,dll) dengan cara ilegal.
- Tidak membuka email atau akun milik orang lain tanpa izin.
- Dilarang menggunakan resource internet untuk kepentingan pribadi (bisnis pribadi, dll)
- Dilarang melakukan kegiatan-kegiatan penyusupan (hacking, preaking, dll)
- Dilarang melakukan pengiriman email secara masif (spamming)
- Dilarang melakukan kegiatan-kegiatan lain yang tidak mencerminkan nilai- nilai yang berlaku.
2. Sistem Informasi untun Pembelajaran
Sistem Informasi yang menunjang dalam proses pembelajaran interaksi dosen dengan mahasiswa dilakukan secara online melalui website:
- GAMEL (Gadjah Mada Medical e-Learning) http://gamel.fk.ugm.ac.id/ Merupakan sebuah media pembelajaran berbasis internet yang dapat membantu Dosen Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan untuk mengunggah bahan kuliah, berdiskusi, dan memberikan penugasan untuk Mahasiswa dapat mengunduh bahan perkuliahan, berdiskusi dan mengerjakan tugas-tugas dari dosen.
- eLisa (eLearning System for Academic Community) http://elisa.ugm.ac.id Merupakan sebuah Learning Management System (LMS) yang dikembangkan oleh UGM untuk UGM. LMS ini berguna untuk membantu civitas akademik menyelenggarakan pembelajaran melalui internet. Dosen dapat mengunggah bahan kuliah, berdiskusi, dan memberikan penugasan untuk Mahasiswa dapat mengunduh bahan perkuliahan, berdiskusi dan mengerjakan tugas-tugas dari dosen.
- eLOK (e-Learning: Open for Knowledge Sharing) https://elok.ugm.ac.id/ Merupakan sebuah LMS yang berisi mata kuliah-mata kuliah dari hampir seluruh bidang ilmu di Universitas Gadjah Sifat mata kuliah di eLOK ada yang terbuka dan tertutup. Tertutup apabila mahasiswa perlu melakukan registrasi dan memperoleh ijin dari dosen koordinator mata kuliah. Terbuka apabila dapat langsung diikuti oleh mahasiswa tanpa registrasi.
Sistem Informasi yang menunjang dalam proses belajar mengajar melalui media online menggunakan website; Perpustakaan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan – Universitas Gadjah Mada (http://libmed.ugm.ac.id/) membantu mahasiswa dalam mencari literature (buku, jurnal, karya tulis ilmiah, dan informasi lain) yang tersedia di Perpustakaan Fakultas Kedokteran UGM.
E. Laboratorium
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM memiliki berbagai laporatorium dan fasilitas riset yang dapat dimanfaatkan. Antara lain:
- Laboratorium Anatomi
- Laboratorium Farmakologi
- Laboratorium Mikrobiologi
- Laboratorium Kuliner dan Dietetik
- Laboratorium Gizi
- Laboratorium Air
- Laboratorium Patologi Anatomi
- Laboratorium Biologi Molekuler
- Laboratorium Fisiologi
- Laboratorium Biokimia
- Laboratorium Riset Terpadu
- Biobank
Laboratorium Riset Terpadu (LRT) FK-KMK UGM merupakan fasilitas bersama yang dapat dimanfaatkan oleh semua peneliti terutama peneliti dilingkungan FK-KMK UGM. Laboratorium Riset Terpadu Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM (LRT FK-KMK UGM) berada di tingkat Fakultas di bawah koordinasi Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengembangan. LRT FK-KMK UGM dapat dimanfaatkan bagi semua dosen dan peneliti, baik di lingkungan FK-KMK UGM, RSUP Dr. Sardjito dan Rumah Sakit Akademik UGM serta peneliti di luar lingkungan tersebut.
- Informasi lebih lanjut mengenai LRT FK-KMK UGM dapat diakses melalui : http://research.fk.ugm.ac.id/laboratorium/
- email: lab-fk@ugm.ac.id
- Secara umum layanan laboratorium di Universitas Gadjah Mada dapat di cek informasinya melalui Sistem Informasi Laboratorium (Link)
F. Pusat Pengembangan Karier
Terdapat dua lembaga pengembangan karir, pertama yang dikelola oleh Universitas Gadjah Mada dan kedua oleh Fakultas Teknik UGM.
- Career Development Centre (CDC) UGM
CDC UGM adalah suatu lembaga di bawah UGM yang mengakomodasi alumninya dalam informasi lowongan kerja dan seleksi lowongan kerja. Untuk dapat mendaftar lowongan kerja di CDC UGM, lakukan pendaftaran online yang tidak memungut biaya. Informasi lebih lanjut mengenai CDC UGM dapat langsung menuju ke Gedung Pusat UGM Lantai 3 Sayap Selatan dengan nomor telepon (0274) 6491809 atau kunjungi www.cdc.ugm.ac.id. - Engineering Career Centre (ECC)
Pusat Pelayanan Karir bagi alumni UGM ini memiliki keunggulan dalam layanan onlinenya yang selalu diupdate, sehingga para pencari kerja tidak perlu susah payah mengirimkan cv dan surat lamarannya lagi ke perusahaan yang dituju. Informasi lebih lanjut mengenai ECC dapat mengujugi www.ecc.ft.ugm.ac.id atau ke Kantor Pusat Fakultas Teknik Lantai 1 dan Jalan Krasak (Barat) No.20, Yogyakarta. Nomor telepon ECC (0274) 6557500. - Layanan psikologi
Dapat digunakan untuk melakukan konseling pada berbagai permasalahan dengan dibantu oleh konselor professional. Prosedur untuk bisa mendapatkan pelayanan yaitu:- Mendaftar online melalui situs Gadjah Mada Medical Learning (GAMEL) melalui link ugm.id/daftarkonselingfkkmk
- Memilih hari dan waktu konseling yang tersedia
- 1 sesi berlangsung selama 60 menit
- Datang ke Ruang Konseling (Gedung Pascasarjana Tahir Foundation Sayap Selatan Lantai 2) sesuai dengan waktu yang telah dipilih saat mendaftar
- Konseling akan dilakukan bersama seorang Psikolog
- Konseling dapat dilakukan atas keinginan pribadi mahasiswa, atau rekomendasi dosen/DPA/Kaprodi/pihak akademik yang berwenang
Penjelasan lebih lengkap dapat diakses melalui https://fkkmk.ugm.ac.id/layanan- psikologi/.
- Klinik Statistika CE&BU
Klinik statistika dikelola oleh pusat Clinical Epidemiology & Biostatistics Unit (CE&BU) yang menyediakan layanan konsultasi statistika oleh ahli biostatistika yang berkualitas. Berlokasi di CE&BU/Cochrane Indonesia, Gedung Litbang FK- KMK UGM, Lantai 1. Penjelasan lebih lengkap dapat diakses melalui https://cebu.fkkmk.ugm.ac.id/. - Klinik Bahasa
FK-KMK UGM menyediakan layanan editing/proofreading bahasa oleh native editor yang dikemas dalam program “Klinik Bahasa”. Terdapat 2 (dua) macam layanan yang tersedia, yakni: Proofreadmelalui e-mail dan konsultasi dengan native editor (daring) dilaksanakan setiap Jumat pukul 13.00-17.00 WIB. Bagi civitas akademika FK-KMK UGM yang membutuhkan layanan Klinik Bahasa, silakan mengisi form pada link berikut: https://bit.ly/klinikbahasafkkmkugm. - Klinik Sehati
Bertempat di Gedung tahir lantai 2 sayap Selatan, merupakan klinik yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kesehatan dan juga melaksanakan pemeriksaan posbindu secara berkala kepada civitas akademika. - Ruang kerja mahasiswa prodi doktor
Bertempat di Gedung tahir sayap utara lantai 4, tepat diatas kantor sekretariat prodi doktor. Dilengkapi dengan fasilitas yang membantu kenyamanan mahasiswa ketika belajar seperti meja dan kursi belajar lengkap dengan stop kontak, microwave, kulkas serta dispenser. Ruangan ini dapat dimanfaatkan mahasiswa hingga pukul 21.00 WIB. - Organisasi kemahasiswaan mahasiswa pascasarjana
Bertempat di Gedung student center lantai 2, FKKMK menyediakan wadah untuk meningkatkan softskill mahasiswa melalui organisasi mahasiswa untuk mahasiswa pascasarjana. - EFKAGAMA
Efkagama adalah aplikasi berita dan informasi untuk mahasiswa dan alumni FKKMK UGM. Masyarakat juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk mendapatkan informasi tentang kesehatan terpercaya.di dalam aplikasi ini. Unduh gratis aplikasi langsung dari google play store atau versi lain yang kami hosting. Selain itu, pengguna dapat mengunduh tanpa pendaftaran dan tidak diperlukan login. - LERES
LERES (Learning Resources and Innovation Development Unit) merupakan unit pengembangan dan inovasi media ajar, manekin, dan instrumentasi medis di bawah koordinasi Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengembangan FKKMK UGM. Fokus kegiatan UPH–LERES yaitu menjembatani proses pengembangan ide sampai menjadi produk kedokteran dan kesehatan yang aplikatif dengan membawahi tiga divisi antara lain: 1) Instrumentasi Medis: Memfasilitasi pembuatan dan pengembangan instrumentasi yang berkaitan erat dengan dunia medis; 2) Media Ajar: Memfasilitasi pengembangan audio visual dan perangkat lunak yang diperlukan dalam media ajar dan pengelolaan Pendidikan; 3) Manekin: Memfasilitasi pembuatan dan pengembangan alat peraga kedokteran untuk media pembelajaran.