Kurikulum

Panduan Mahasiswa

A. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang digunakan pada prodi doktor mencakup 4 aspek; sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus dan pengetahuan.

Sikap

  1. Menunjukkan sikap Pancasilais dan kesadaran terhadap kepentingan bangsa dan negara;
  2. Menunjukkan sikap jujur, bertanggung-jawab, percaya diri, kematangan emosional, beretika, mandiri, adaptif, dan kesadaran menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Keterampilan Umum

  1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk menghasilkan solusi sesuai bidang keahlian secara berintegritas yang diwujudkan dalam dokumen saintifik;
  2. Mampu mengembangkan peta jalan penelitian untuk menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin;
  3. Mampu mengembangkan jaringan kerja, beradaptasi, berkreasi, berkontribusi, melakukan supervisi, mengevaluasi dan mengambil keputusan dalam rangka menunjukkan kinerja mandiri dan kelompok untuk menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat.

Keterampilan Khusus

  1. Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dengan memanfaatkan teknologi kesehatan mutakhir dalam Ilmu Biomedik, Kedokteran Klinik, Kesehatan Masyarakat, Gizi, Keperawatan atau Pendidikan Kedokteran melalui pendekatan riset translasional berdasarkan etika penelitian sehingga menghasilkan karya yang kreatif, original dan teruji;
  2. Mampu mengelola dan memimpin riset dengan pendekatan inter, multi dan transdisipliner serta peka terhadap kearifan lokal untuk menemukan jawaban dan atau memecahkan permasalahan kesehatan di tingkat nasional, regional maupun global;
  3. Mampu menghasilkan dan menyebarluaskan karyanya dalam bentuk publikasi ilmiah di jurnal internasional bereputasi, dan atau menerapkan model, paten atau kebijakan untuk kemaslahatan masyarakat;

Pengetahuan

  1. Mampu mengevaluasi konsep integritas akademik secara umum dan konsep plagiarisme secara khusus, dalam hal jenis plagiarisme, konsekuensi pelanggaran dan upaya pencegahannya;
  2. Mampu mengkritisi filosofi keilmuan di bidang Ilmu Kedokteran dan Kesehatan; dan
  3. Mampu mengombinasikan filosofi ilmu pada salah satu bidang Biomedik, Kedokteran Klinik, Kesehatan Masyarakat, Gizi, Keperawatan atau Pendidikan

Berikut kegayutan CPL dengan mata kuliah prodi doktor:

B. Struktur Kurikulum

Struktur kurikulum yang dijalankan pada prodi doktor sebanyak 48 SKS dengan rincian sebagai berikut:

SemesterKegiatan AkademikSKS
1Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) Ber-sks
(Metodologi Penelitian Kuantitatif, Metodologi Penelitian Kualitatif, dan Biostatistik)
6
Pelatihan GCP, GCLP, GHRP, dan Program Me-moNon SKS
2Mata Kuliah Penunjang Disertasi (MKPD) Ber-sks
(Terkait Metodologi dan penulisan, Substansi Bidang Imu, Teknik atau
prosedur)
6
 Me-mo Systematic ReviewNon SKS
3Proposal disertasi (penulisan Pra Kompre dan Ujian Komprehensif)8
4-6Penelitian, Seminar kemajuan studi, Seminar Hasil Penelitian28
7-8Penulisan Disertasi, Naskah Disertasi dan Ujian
DBRMKDU berbeda6
 Jumlah48
C. Mata Kuliah

Mata kuliah yang dijalankan pada Prodi Doktor terdapat 2 jenis, yaitu Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) yang bersifat wajib dan Mata Kuliah Penunjang Disertasi (MKPD) yang bersifat pilihan. mahasiswa bebas memilih MKPD sesuai dengan kebutuhan disertasinya dan sesuai arahan tim promotornya. MKPD dibagi menjadi 3 kelompok besar yaitu teknik, bidang ilmu dan metodologi. Jumlah MKPD yang ditawarkan Prodi Doktor sebanyak 153 MKPD, tetapi mahasiswa diperkenankan mengajukan MKPD baru jika diperlukan sesuai dengan arahan dari tim promotor. Berikut daftar mata kuliah yang ditawarkan Prodi Doktor:

SemesterSUBSTANSIMata Kuliah
1Mata Kuliah Dasar UmumMetodologi Penelitian Kualitatif
Metodologi Penelitian Kuantitatif
Biostatistika
2MKPD Terkait Metode PenelitianAction Research
Epidemiology II: Design and Analysis of Epidemiology
Studies
Epidemiology III: Design Clinical Research
Evidence Based Medicine
Fenomenologi
Implementasi Research
Metode Penelitian Eksperimental
Metode Penelitian Eksperimental di bidang Keperawatan
Metode Penelitian Eksperimental untuk Intervensi
Kesehatan Masyarakat
Metodologi Penelitian (Observasional)
Metodologi Penelitian Biologi Molekuler
Metodologi Penelitian Kanker pada Hewan Coba
Metodologi Penelitian Laboratorium
Metodologi Penelitian Lapangan
Penelitian Mixed Methods
Pengembangan Instrumen
MKPD Terkait Penulisan Manuskrip dan Systematic ReviewCochrane Systematic Review dan Meta-analisis
Integrative Review
Menulis manuskrip untuk publikasi internasional
Menulis protokol dan publikasi Systematic Review
Menyusun proposal penelitian
MKPD terkait Substansi Bidang Ilmu BiomedikActinomycetes Bacteria
Anatomi Neuromuskular Sistem Respirasi
Bio Marker in Brain Infarction
Biokimia Sindrom Metabolik
Biologi Molekuler Lanjut
Biologi Nyamuk
Biomekanika, Kinesiologi
Drug Discovery and Development
Drug Interaction & Adverse Drug Reaction
Efek Olahraga Pada Penanda Molekuler & Imunologi
Fungsi Hippocampus Hewan Model Degenerasi
Elusidasi Struktur
Epidemiologi Penyakit Cacing Zoonotik pada Hewan
Exercise Physiology
Farmakoekonomi
Farmakoepidemiologi
Farmakokinetika & Farmakodinamika
Farmakologi Antibiotik dan Resistensi Antibiotik
Filariasis Limfatik dan Non Limfatik
Fisiologi Muskuloskeletal dan Latihan Keseimbangan
Fisiologi Respirasi
Genetika Molekuler
Herbal Medicine Development
Imunologi
Micro RNA Function in Cancer
Micro RNA in Metabolic Syndrome
Mikroteknik
Molekuler Diabetes
Molekuler Mikrobiologi (Ekspresi Gen Bakteri)
Neuroanatomi dan Aspek Molekuler
Nutrigenomik
Onkologi Molekuler
Patologi Kanker, Sirkulating Tumor dan miRNA
Pengendalian Vektor
Pharmacogenomic
Special Topics in Immunology
MKPD terkait Substansi Bidang Ilmu GiziGizi dalam daur kehidupan
Gizi dan dietetik
Issue gizi masyarakat
Nutrigenomik dan nutrigenetik
Pangan fungsional dan nutraceutical
Pengembangan produk pangan
Penilaian status gizi
MKPD terkait Substansi Bidang Ilmu KeperawatanAplikasi dan Pengembangan Teori Keperawatan
Evaluasi Pelatihan
Kualitas Hidup
Perawatan Anak dengan Sakit Kronis
Perawatan Paliatif
MKPD terkait Substansi Bidang Ilmu Kesehatan KlinikAplikasi klinis sel punca (stem cell)
Aspek Klinis Tumor Otak
Aspek Molekuler Tumor Otak
Bedah Plastik
Biologi molekuler kanker urothelial
Cancer epidemiology (dr. Idw)
Cancer genetics and epigenetics
Carcinogenesis different types of Cancer
Dogma central biologi molekuler
Hormone and Breast Cancer pathogenesis
Kanker payudara
Klinis Tumor dan PA
Nyeri & Symptomp Lain pada Pasien Kritis
Open Heart Surgery
Osteoarthritis
Overview genetik kelainan kongenital
Overview of human genome
Overview of next- generation sequencing (NGS)
Patofisiologi & Penangganan Trauma Ekstremitas Bawah
Patofisiologi Stroke
Pemanfaatan NGS untuk riset COVID-19
Pemanfaatan NGS untuk riset dasar
Pemanfaatan NGS untuk riset klinis dan pelayanan
Pemeriksaan Imunohistokimia
Precision medicine
Program Rehabilitasi Trauma Ekstremitas Bawah
Reformasi PengendalianStroke Di Indonesia
Respon Imun terhadap Trauma
Sarkoma jaringan lunak
Thermal, Chemical and Electrical Injury.
Wound care. ( Acute and chronic wound)
Wound healing : normal and abnormal.
Wound Healing in diabetic patient
MKPD terkait Substansi Bidang Ilmu Kesehatan masyarakatAnalisis dan Visualisasi Data Kesehatan
Behavior Modification and Health Promotion
Biostatistics II: Multivariable Analysis
Biostatistics III: Logistic Regression, Log Linear and
Survival Analysis
Biostatistics IV: Secondary Data Analysis
Epidemiology IV: Meta analysis
Informatika dan Kesehatan Digital
Population Health II: Design, Monitoring, and Evaluation of
Population Health Project
Population Health III: Surveillance of Population Health
Population Health IV: Gender Based Violence
MKPD terkait Substansi Bidang Ilmu PendidikanAssessment Development
Educating Ethics and Professionalism
 Facilitating Learning
Innovation in Medical and Health Professions Education
Instructional Development and Curriculum Development
Learning How People Learn
Learning Resource
Management, Leadership, and Policy
Quality Assurance
Research in Medical and Health Professions Education
Scientific Publication
Workplace-based learning
MKPD terkait Teknik dan ProsedurHispatologi dan Metode Teknik
Intepretasi Hasil Pemeriksaan IHC
Kultur Makrofagi
Metode Laboratorium Histologi, Biologi sel Molekuler dan
Imunologi terkait Traktus Digestivus Tikus Model Diabetes
Metode Pemeriksaan Specimen Penelitian di PA
Pemeriksaan Biologi Molekuler
Pemeriksaan Jaringan dan Transkriptomik
Pemeriksaan Laboratorium Inflamasi dan Cedera
Pemeriksaan Laboratorium Inflasi dan Cedera
Kardiovaskuler
Pemeriksaan Nabs dan IgG
Pemeriksaan Teknik Laboratorium
Pengenalan metode Sequencing (Sanger s/d NGS)
Teknik Antropometri
Teknik Biologi Molekuler
Teknik Biologi Molekuler I
Teknik Biomolekuler 1 & 2
Teknik Biomolekuler Dasar
Teknik Genetik Molekuler
Teknik In Vivo dengan Hewan Coba Model DM
Teknik Kultur
Teknik Laser
Teknik Latihan Pada Hewan Coba
Teknik Model Hewan Coba
Teknik Molekuler
Teknik Pemeriksaan Laboratorium
Teknik Pemeriksaan PCR, IHC, ELISA
Teknik pemeriksaan SNP/CNV (PCR- RFLP, qPCR,
MLPA, Sequencing)
Teknik Penelitian Eksperimen Jaringan dan Genomik
Teknik Riset Biologi Molekuler
Reproduksi
Teknik Riset Seluler & Molekular

Download PDF

Accessibility