Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran dan Kesehatan FK-KMK UGM mempunyai visi mampu menjadi Program Doktor berstandar internasional yang inovatif dan unggul, serta senantiasa mengabdi pada kepentingan bangsa dan kemanusiaan dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila. Visi tersebut akan dicapai melalui dua misi utamanya, yaitu menyelenggarakan pendidikan strata 3 dalam bidang Ilmu Kedokteran dan Kesehatan untuk menghasilkan lulusan berderajat Doktor dalam bidang: Biomedik; Kedokteran Klinik; Kesehatan Masyarakat; Pendidikan Kedokteran & Kesehatan; Keperawatan; dan Gizi Kesehatan serta menghasilkan publikasi bertaraf internasional melalui penelitian-penenlitian yang mampu memecahkan permasalahan di bidang kedokteran dan kesehatan serta mampu mengantisipasi setiap perkembangan ilmu dan teknologi mutakhir, baik di tingkat nasional maupun internasional.
Dalam dua tahun terakhir, penyelenggaraan program studi Doktor telah memfokuskan pada proses pembelajaran yang terstruktur serta meningkatkan kelancaran dalam setiap tahapan pembelajaran sejak penerimaan mahasiswa hingga proses ujian tertutup/terbuka. Selain memperlancar proses pembelajaran, upaya untuk meningkatkan kualitas disertasi mulai dilakukan dengan memperkaya keterampilan mahasiswa untuk melakukan sintesis evidens sehingga diharapkan dapat memperkuat originalitas topik disertasi yang dipilih.
Faktor pembimbingan oleh tim promotor mempunyai kontribusi yang sangat penting dalam keberhasilan mahasiswa menempuh program Doktor. Promotor memiliki peran dan tanggungjawab untuk membimbing mahasiswa sejak dari penyusunan usulan penelitian hingga ujian tertutup/terbuka. Proses pembimbingan yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa ini dapat mendorong ketepatan masa studi serta disertasi dan publikasi yang berkualitas.
Mengingat peran promotor yang sangat esensial tersebut, Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran dan Kesehatan FK-KMK UGM berupaya untuk memfasilitasi kegiatan untuk mengidentifikasi dan berbagi pengalaman dalam pembimbingan mahasiswa di tingkat doktoral melalui kegiatan Good Practices in PhD Supervision (GPPS).
Melalui kegiatan ini diharapkan tim pembimbing memiliki pemahaman dan melaksanakan praktek pembimbingan mahasiswa tingkat Doktoral yang efektif, berkualitas, sehingga menghasilkan karakter lulusan yang diharapkan serta proses pembelajaran yang diselesaikan dalam masa studi ideal (3-4 tahun).
Peserta pelatihan mampu berperan sebagai dosen pembimbing yang efektif dalam bekerjasama dengan mahasiswa agar lebih meningkatkan kelancaran studi serta kualitas disertasi dan publikasi.
Peserta diharapkan mampu:
Secara umum pelatihan GPPS terbagi menjadi dua periode, yaitu periode asinkronus dan sinkronus. Sesi asinkronus dilaksanakan pada tanggal 12 – 22 November 2022, dilanjutkan dengan sesi sinkronus yang dilaksanakan dengan pelatihan tatap muka (luring) pada tanggal 23 – 24 November 2022. Berikut adalah penjelasan terinci dalam setiap tahapan.
Periode asinkronous memberi kesempatan kepada peserta pelatihan untuk melakukan pembelajaran secara mandiri untuk penyegaran mengenai materi-materi yang terkait dengan proses pembimbingan, khususnya di tingkat Doktoral. Materi tersebut telah disediakan melalui website, dilengkapi dengan penilaian awal dan lesson plan yang berisi bahan bacaan, kasus, lembar kerja (worksheet) untuk membantu peserta merefleksikan proses pembimbingan yang selama ini telah dilakukan serta meningkatkan kesiapan untuk pelatihan di periode asinkronus.
Kegiatan pada periode asinkronus meliputi:
Selama periode asinkronus diharapkan peserta pelatihan dapat memanfaatkan situs Program Studi Doktor FKKMK UGM dengan:
Berikut ini adalah tautan materi dan penugasan yang digunakan selama periode asinkronus:
Kegiatan ini dilaksanakan secara luring atau tatap muka langsung pada tanggal 23-24 November 2022. Proses pelatihan mengkombinasikan pemberian materi secara singkat disertai dengan diskusi terkait penugasan yang telah dilaksanakan pada saat kegiatan asinkronus.
Selama periode sinkronus, diharapkan peserta pelatihan dapat:
Hari Pertama (Rabu, 23 November 2022)
No | Waktu | Durasi | Uraian pelatihan | Pemateri |
1 | 08.30 – 08.33 | 3’ | Pembukaan | MC |
2 | 08.33 – 08.40 | 7’ | Sambutan Ketua Program Studi Doktor | Prof. dr. Adi Utarini, M.Sc., MPH., Ph.D |
REGULATION | ||||
3 | 08.40 – 09.30 | 50’ | Regulation: PhD Degree Program in FK-KMK UGM | Prof. dr. Adi Utarini, M.Sc., MPH., Ph.D Dr. Fitri Haryanti, S.Kp., M.Kes. |
4 | 09.30 – 09.50 | 20’ | Coffee Break | |
5 | 09.50 – 10.40 | 50’ | Master and PhD Degree: what are the differences? | Prof. dr. Mohammad Hakimi, Sp.OG, Ph.D. |
6 | 10.40 – 11.30 | 50’ | How to assess PhD | Prof. Dra. RA. Yayi Suryo Prabandari, M.Si., Ph.D. |
7 | 11.30 – 13.00 | 90’ | ISHOMA | |
SUPERVISION | ||||
8 | 13.00 – 13.50 | 50’ | Supervisor responsibilities and building effective relationships | Prof. dr. Gandes Retno Rahayu, M.Med.Ed., Ph.D. |
9 | 13.50 – 15.30 | 100’ | Supporting wellbeing, critical thinking development, and professional development of PhD student | Prof. dr. Gandes Retno Rahayu, M.Med.Ed., Ph.D. |
10 | 15.30 – 15.35 | 5’ | Penutup | MC |
Hari Kedua (Kamis, 24 November 2022)
No | Waktu | Durasi | Uraian pelatihan | Pemateri |
RESEARCH METHOD | ||||
1 | 08.00 – 08.50 | 50’ | Finding research ideas | dr. Yodi Mahendradhata, M.Sc., PhD, FRSPH |
2 | 08.50 – 09.40 | 50’ | Systematic Literature Review | dr. Rossi Sanusi, MPA., Ph.D. |
3 | 09.40 – 10.00 | 20’ | Coffee Break | |
4 | 10.00 – 10.50 | 50’ | Review on introduction and literature review chapters | dr. R. Detty Siti Nurdiati Z, Sp.OG(K)., MPH., Ph.D. |
5 | 10.50 – 12.30 | 100’ | Review on Research Methodology | Prof. dr. Mohammad Hakimi, Sp.OG, Ph.D. Prof. dr. Adi Utarini, M.Sc., MPH., Ph.D |
6 | 12.30 – 13.30 | 60’ | ISHOMA | |
THESIS WRITING AND PUBLICATION | ||||
7 | 13.30 – 14.00 | 30’ | Standard for proposal writing and thesis report | Prof. dr. Adi Utarini, M.Sc., MPH., Ph.D Dr. Fitri Haryanti, S.Kp., M.Kes. |
8 | 14.00 – 15.30 | 90’ | How to work with the student to write manuscript and to respond reviewers’ feedbacks | dr. Gunadi, Sp.BA., Ph.D Jajah Fachiroh, SP., M.Si., Ph.D. |
9 | 15.30 – 15.35 | 5’ | Penutup | MC |
Ketua Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran dan Kesehatan FK-KMK UGM
Course Director
Sekretaris Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran dan Kesehatan FK-KMK UGM
Course Director
Peserta pelatihan adalah 25 orang dosen pembimbing di Prodi Doktor FK-KMK UGM, memiliki jabatan akademik minimal lektor dengan jumlah bimbingan sedang (2-4 orang mahasiswa). Pada batch pertama, peserta yang akan mengikuti pelatihan adalah sebagai berikut:
No. | Nama | Bidang Ilmu |
1 | dr. Junaedy Yunus, M.Sc., Ph.D. | Biomedik |
2 | dr. Dwi Aris Agung Nugrahaningsih, M.Sc., Ph.D | Biomedik |
3 | dr. Didik Setyo Heriyanto, Sp.PA(K)., Ph.D | Biomedik |
4 | dr. Nur Arfian, Ph.D. | Biomedik |
5 | Dr. Dra. Retna Siwi Padmawati, MA. | IKM |
6 | dr. M. Lutfan Lazuardi, M.Kes., Ph.D. | IKM |
7 | Dr. dr. Prima Dhewi Ratrikaningtyas, M.Biotech. | IKM |
8 | Dr. dr. Andreasta Meliala, M.Kes. | IKM |
9 | Dr. Diah Ayu Puspandari, Apt., MBA., M.Kes. | IKM |
10 | Ariani Arista Putri Pertiwi, S.Kep., Ns., MAN., DNP. | Keperawatan |
11 | Sri Warsini, S.Kep.Ners., M.Kes.., Ph.D. | Keperawatan |
12 | Dr. Sri Setiyarini, S.Kp., M.Kes. | Keperawatan |
13 | Dr. Heny Suseani Pangastuti, S.Kp., M.Kes. | Keperawatan |
14 | dr. Yana Supriatna, Ph.D., Sp.Rad.(K) RI | Klinik |
15 | dr. Mardiah Suci Hardianti, Ph.D. Sp.PD-KHOM | Klinik |
16 | dr. Rina Triasih, M.Med(Paed)., Sp.A(K)., Ph.D. | Klinik |
17 | dr. Supanji, Sp.M(K), M.Kes., Ph.D. | Klinik |
18 | Dr. dr. Wahyudi Istiono, M.Kes. | Klinik |
19 | dr. Rahadyan Magetsari, Sp.OT(K)., FICS., Ph.D. | Klinik |
20 | dr. Rusdy Ghazali Malueka, Ph.D., Sp.S(K) | Klinik |
21 | dr. Rachmadya Nur Hidayah, M.Sc., Ph.D | Pendidikan Kedokteran |
22 | dr. Yoyo Suhoyo, M.Med.Ed. PhD | Pendidikan Kedokteran |
23 | Dr. Susetyowati, DCN., M.Kes. | Gizi Kesehatan |
24 | Dr. Siti Helmyati, DCN., M.Kes | Gizi Kesehatan |
25 | Dr. dr. Emy Huriyati, M.Kes. | Gizi Kesehatan |
Gedung Pascasarjana Tahir, Sayap Utara lantai 3
FK-KMK UGM
Jl. Farmako Sekip Utara, Senolowo, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta 55281
s3fk@ugm.ac.id | +62 274 545458