Format Pengetikan Disertasi

Panduan Mahasiswa

BAGIAN III. FORMAT PENGETIKAN DISERTASI

Format pengetikan disertasi, meliputi: bahan dan ukuran, pengetikan, penomoran, daftar dan gambar, dan penulisan nama.

A. Bahan dan Ukuran

  1. Naskah disusun di atas kertas HVS 80 g/m2 dan tidak dicetak bolak Ukuran naskah ialah 21 cm x 28 cm dengan ukuran A4.
  2. Sampul dibuat dalam bentuk hard cover berwarna hijau tua dengan huruf Tulisan yang tercetak pada sampul sama dengan yang terdapat pada halaman judul.

B. Pengetikan

Jenis huruf yang digunakan adalah Times New Romans ukuran 12 atau Arial ukuran 11 dan untuk seluruh naskah digunakan jenis huruf yang sama.

Spasi yang digunakan untuk teks dalam naskah disertasi adalah 1,5 spasi dan 1 spasi untuk teks yang digunakan dalam abstrak. Spasi untuk tabel dan paragraf kuotasi yang digunakan adalah 1 spasi. Pengetikan dengan menggunakan rata kanan kiri.

Bilangan diketik dengan angka, kecuali pada permulaan kalimat yang harus ditulis dengan lengkap. Angka desimal ditandai dengan koma, kecuali apabila naskah disertasi ditulis dalam bahasa Inggris. Satuan dinyatakan dengan singkatan resmi tanpa tanda titik di belakangnya. Misalnya kg, gr, cal dan sebagainya.

Batas tepi pengetikan diatur dari tepi kertas adalah sebagai berikut:

  1. Tepi atas dan tepi kiri: 4 cm
  2. Tepi bawah dan tepi kanan: 3

Alinea baru dimulai dari ketikan yang ke-6 dari batas tepi kiri, dan tidak ada tambahan spasi antara akhir paragraf dan awal paragraf berikut.

Awal kalimat harus menggunakan huruf besar. Bilangan yang memulai suatu kalimat harus ditulis dengan lengkap. Misal: Sepuluh penyakit terbanyak.

Penulisan judul, sub judul, dan anak sub judul seluruhnya tanpa diakhiri dengan titik. Judul ditulis dengan huruf besar (kapital), dan diatur supaya simetris dengan jarak 4 cm dari tepi atas. Sub judul ditulis simetris di tengah, seluruh kata dimulai dengan huruf besar, kecuali kata penghubung dan kata depan, dan seluruhnya diberi garis bawah. Anak sub judul diketik mulai dari batas kiri dan diberi garis bawah, dengan huruf pertama dengan huruf besar.

Kalimat pertama dimulai dengan alinea baru. Penulisan sub anak sub judul dimulai dari ketikan ke-6 diikuti dengan titik dan diberi garis bawah. Kalimat pertama diketikkan setelah sub anak sub judul dalam baris yang sama.

Apabila dalam penulisan naskah terdapat rincian ke bawah, gunakan nomor urut dengan angka atau huruf sesuai dengan derajat rincian. Penggunaan tanda baca (misalnya penghubung) atau simbol lainnya tidak diperkenankan.

C. Penomoran

Penomoran halaman judul hingga abstrak ditulis dalam angka romawi kecil. Sedangkan bagian-bagian lainnya ditulis dengan angka arab. Nomor halaman ditempatkan di sebelah kanan atas, kecuali pada halaman yang ada judul atau bab pada bagian atas halaman tersebut yang penomorannya diletakkan pada bagian kanan bawah. Nomor halaman diketik dengan jarak 3 cm dari tepi kanan dan 1,5 cm dari tepi atas atau tepi bawah.

Penomoran tabel dan gambar menggunakan angka arab. secara urut dari awal, tanpa memperhatikan bab dimana tabel atau gambar berada. Misalnya Tabel 2, Tabel 15, Tabel 23, Tabel 34 dan seterusnya atau Gambar 1, Gambar 10, Gambar 22 dan seterusnya.

Penomoran judul:

I.

II.

III.

          A.

          B.

          C.

                  1.

                  2.

                  3.

                                a.

                                b.

                                c.

D. Penyajian Tabel

Tabel ditulis terbuka sehingga tidak ada garis vertikal. Judul tabel diletakkan di atas tabel secara simetris tanpa diakhiri dengan titik, dan pada halaman yang sama. Penulisan judul tabel harus sedemikian rupa sehingga dapat dipahami oleh pembaca sekalipun judul beserta tabelnya dipisahkan dari teks (self-explanatory). Tabel diletakkan secara simetris. Tabel dapat pula dicetak memanjang (landscape) dengan judul tabel dimulai terletak pada sisi kertas yang dijilid. Seluruh kolom dalam tabel harus diberi judul dan batas yang tegas. Pada tabel, garis paling atas dan paling bawah diberi batas yang tegas.

E. Penyajian Gambar

Penyajian selain tabel, disebut dengan gambar. Gambar mencakup skema, grafik, peta, foto, dan sebagainya. Penyajian gambar harus memperhatikan etika penelitian. Berbeda dengan tabel, penulisan judul gambar diletakkan di bawah gambar secara simetris tanpa diakhiri dengan titik dan pada halaman yang sama. Ukuran gambar diusahakan agar dapat diletakkan pada satu halaman, tidak dipenggal. Gambar diletakkan secara simetris. Skala pada gambar ataupun aksis pada grafik harus terlihat jelas. Gambar diberikan penjelasan dengan detail sehingga dapat dipahami terpisah dari teksnya. Apabila perlu, gambar dapat dicetak warna dengan kertas khusus.

F. Penulisan Kutipan Langsung (Kuotasi)

Tulisan yang dikutip langsung dari pengarang lain harus ditulis persis seperti aslinya. Apabila kutipan langsung tidak lebih dari 40 kata, maka dapat diletakkan sebagai bagian dari kalimat di suatu paragraf dicetak miring (italics). Apabila kutipan langsung terdiri dari 40 kata atau lebih, maka dituliskan dalam blok paragraf tersendiri, tanpa tanda kutip. Paragraf kutipan tersebut diketik seperti halnya awal paragraf dan di-indent.

G. Bahasa

Bahasa dan ejaan yang digunakan adalah bahasa Indonesia dan mengikuti pedoman umum Ejaan Bahasa Indonesia (EBI). Penggunaan kata dalam bahasa Inggris diperbolehkan apabila belum ada terjemahannya dalam Bahasa Indonesia, ditulis miring dan konsisten dengan kaidah bahasa dan ejaan yang digunakan mengacu pada kaidah dalam bahasa Inggris.

Bentuk kalimat dianjurkan tidak menggunakan orang pertama dan kedua (misalnya saya, aku, kami, engkau, dan sebagainya), akan tetapi ditulis menggunakan kalimat pasif. Perkecualiannya adalah penulisan kutipan langsung yang dapat menggunakan orang pertama dan kedua. Pada kata pengantar, saya diganti dengan kata penulis. Sedapat mungkin menggunakan istilah Indonesia. Apabila terpaksa menggunakan istilah asing, istilah tersebut dicetak miring.

Penulisan disertasi dalam bahasa Inggris diperbolehkan dan diutamakan bagi mahasiswa internasional, mahasiswa yang mengikuti skema kerjasama internasional, mahasiswa dengan penguji internasional, atau mahasiswa reguler yang memiliki kompetensi menulis disertasi dalam Bahasa Inggris atas persetujuan promotor.

Download File

Accessibility