Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran dan Kesehatan FK-KMK UGM mempunyai visi mampu menjadi Program Doktor berstandar internasional yang inovatif dan unggul, serta senantiasa mengabdi pada kepentingan bangsa dan kemanusiaan dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila. Visi tersebut akan dicapai melalui dua misi utamanya, yaitu menyelenggarakan pendidikan strata 3 dalam bidang Ilmu Kedokteran dan Kesehatan untuk menghasilkan lulusan berderajat Doktor dalam bidang: Biomedik; Kedokteran Klinik; Kesehatan Masyarakat; Pendidikan Kedokteran & Kesehatan; Keperawatan; dan Gizi Kesehatan serta menghasilkan publikasi bertaraf internasional melalui penelitian-penenlitian yang mampu memecahkan permasalahan di bidang kedokteran dan kesehatan serta mampu mengantisipasi setiap perkembangan ilmu dan teknologi mutakhir, baik di tingkat nasional maupun internasional.
Dalam dua tahun terakhir, penyelenggaraan program studi Doktor telah memfokuskan pada proses pembelajaran yang terstruktur serta meningkatkan kelancaran dalam setiap tahapan pembelajaran sejak penerimaan mahasiswa hingga proses ujian tertutup/terbuka. Selain memperlancar proses pembelajaran, upaya untuk meningkatkan kualitas disertasi mulai dilakukan dengan memperkaya keterampilan mahasiswa untuk melakukan sintesis evidens sehingga diharapkan dapat memperkuat originalitas topik disertasi yang dipilih.
Faktor pembimbingan oleh tim promotor mempunyai kontribusi yang sangat penting dalam keberhasilan mahasiswa menempuh program Doktor. Promotor memiliki peran dan tanggungjawab untuk membimbing mahasiswa sejak dari penyusunan usulan penelitian hingga ujian tertutup/terbuka. Proses pembimbingan yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa ini dapat mendorong ketepatan masa studi serta disertasi dan publikasi yang berkualitas.
Mengingat peran promotor yang sangat esensial tersebut, Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran dan Kesehatan FK-KMK UGM berupaya untuk memfasilitasi kegiatan untuk mengidentifikasi dan berbagi pengalaman dalam pembimbingan mahasiswa di tingkat doktoral melalui kegiatan Good Practices in PhD Supervision (GPPS).
Melalui kegiatan ini diharapkan tim pembimbing memiliki pemahaman dan melaksanakan praktek pembimbingan mahasiswa tingkat Doktoral yang efektif, berkualitas, sehingga menghasilkan karakter lulusan yang diharapkan serta proses pembelajaran yang diselesaikan dalam masa studi ideal (3-4 tahun).
1. Tujuan
a. Tujuan umum
Peserta pelatihan mampu berperan sebagai dosen pembimbing yang efektif dalam bekerjasama dengan mahasiswa agar lebih meningkatkan kelancaran studi serta kualitas disertasi dan publikasi.
b. Tujuan khusus
Peserta diharapkan mampu:
- Menjelaskan peraturan yang terkait dengan pelaksanaan program doktor di UGM
- Menerapkan prinsip bimbingan yang efektif
- Mendiskusikan metode penelitian yang paling tepat; dan
- Berkolaborasi dalam penulisan manuskrip dan pemilihan jurnal yang sesuai selama masa studi di program Doktoral
2. Pelaksanaan Pelatihan
Secara umum pelatihan GPPS terbagi menjadi dua periode, yaitu periode asinkronus dan sinkronus. Sesi asinkronus dilaksanakan secara daring (pembelajaran secara mandiri), dilanjutkan dengan sesi sinkronus yang dilaksanakan dengan pelatihan tatap muka (luring). Berikut adalah penjelasan terinci dalam setiap tahapan.
3. Periode Asynchronous
Periode asinkronous memberi kesempatan kepada peserta pelatihan untuk melakukan pembelajaran secara mandiri untuk penyegaran mengenai materi-materi yang terkait dengan proses pembimbingan, khususnya di tingkat Doktoral. Materi tersebut telah disediakan melalui website, dilengkapi dengan penilaian awal dan lesson plan yang berisi bahan bacaan, kasus, lembar kerja (worksheet) untuk membantu peserta merefleksikan proses pembimbingan yang selama ini telah dilakukan serta meningkatkan kesiapan untuk pelatihan di periode asinkronus.
Kegiatan pada periode asinkronus meliputi:
- Pengisian Formulir Readiness to Supervise Phd Student;
- Pengisian Pre Test;
- Mempelajari Lesson Plan; dan
- Mengisi lembar kerja (Worksheet).
Selama periode asinkronus diharapkan peserta pelatihan dapat memanfaatkan situs Program Studi Doktor FKKMK UGM dengan:
- Menggunakan akun email UGM untuk mengisi formulir dan mengakses materi
- Melengkapi formulir ataupun isian secara mandiri
- Menyelesaikan seluruh penugasan yang diberikan
Berikut ini adalah tautan materi dan penugasan yang digunakan selama periode asinkronus:
- Form Readiness to Supervise Phd Student
- Pre Test pelatihan
- Lesson Plan dan bahan bacaan
- LembarWorksheet
4. Kegiatan Sinkronus
Kegiatan ini dilaksanakan secara luring atau tatap muka langsung. Proses pelatihan mengkombinasikan pemberian materi secara singkat disertai dengan diskusi terkait penugasan yang telah dilaksanakan pada saat kegiatan asinkronus.
Selama periode sinkronus, diharapkan peserta pelatihan dapat:
- Mengikuti secara penuh sesuai jadwal
- Berpartisipasi secara aktif
- Mengisi formulir evaluasi pelaksanaan pelatihan di akhir kegiatan synchronous
Jadwal Tatap Muka
Hari Pertama
No | Waktu | Durasi | Uraian pelatihan | Pemateri |
1 | 08.30 – 08.33 | 3’ | Pembukaan | MC |
2 | 08.33 – 08.40 | 7’ | Sambutan Ketua Program Studi Doktor | Prof. dr. Adi Utarini, M.Sc., MPH., Ph.D |
REGULATION | ||||
3 | 08.40 – 09.30 | 50’ | Regulation: PhD Degree Program in FK-KMK UGM | Prof. dr. Adi Utarini, M.Sc., MPH., Ph.D Dr. Fitri Haryanti, S.Kp., M.Kes. |
4 | 09.30 – 09.50 | 20’ | Coffee Break | |
5 | 09.50 – 10.40 | 50’ | Master and PhD Degree: what are the differences? | Prof. dr. Mohammad Hakimi, Sp.OG, Ph.D. |
6 | 10.40 – 11.30 | 50’ | How to assess PhD | Prof. Dra. RA. Yayi Suryo Prabandari, M.Si., Ph.D. |
7 | 11.30 – 13.00 | 90’ | ISHOMA | |
SUPERVISION | ||||
8 | 13.00 – 13.50 | 50’ | Supervisor responsibilities and building effective relationships | Prof. dr. Gandes Retno Rahayu, M.Med.Ed., Ph.D. |
9 | 13.50 – 15.30 | 100’ | Supporting wellbeing, critical thinking development, and professional development of PhD student | Prof. dr. Gandes Retno Rahayu, M.Med.Ed., Ph.D. |
10 | 15.30 – 15.35 | 5’ | Penutup | MC |
Hari Kedua
No | Waktu | Durasi | Uraian pelatihan | Pemateri |
RESEARCH METHOD | ||||
1 | 08.00 – 08.50 | 50’ | Finding research ideas | dr. Yodi Mahendradhata, M.Sc., PhD, FRSPH |
2 | 08.50 – 09.40 | 50’ | Systematic Literature Review | dr. Rossi Sanusi, MPA., Ph.D. |
3 | 09.40 – 10.00 | 20’ | Coffee Break | |
4 | 10.00 – 10.50 | 50’ | Review on introduction and literature review chapters | dr. R. Detty Siti Nurdiati Z, Sp.OG(K)., MPH., Ph.D. |
5 | 10.50 – 12.30 | 100’ | Review on Research Methodology | Prof. dr. Mohammad Hakimi, Sp.OG, Ph.D. Prof. dr. Adi Utarini, M.Sc., MPH., Ph.D |
6 | 12.30 – 13.30 | 60’ | ISHOMA | |
THESIS WRITING AND PUBLICATION | ||||
7 | 13.30 – 14.00 | 30’ | Standard for proposal writing and thesis report | Prof. dr. Adi Utarini, M.Sc., MPH., Ph.D Dr. Fitri Haryanti, S.Kp., M.Kes. |
8 | 14.00 – 15.30 | 90’ | How to work with the student to write manuscript and to respond reviewers’ feedbacks | dr. Gunadi, Sp.BA., Ph.D Jajah Fachiroh, SP., M.Si., Ph.D. |
9 | 15.30 – 15.35 | 5’ | Penutup | MC |
5. Narasumber Pelatihan
Prof. dr. Adi Utarini, M.Sc., MPH., Ph.D
Ketua Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran dan Kesehatan FK-KMK UGM
Prof. dr. Mohammad Hakimi, Sp.OG, Ph.D
Course Director
dr. Yodi Mahendradhata, M.Sc., PhD, FRSPH
dr. R. Detty Siti N Z, Sp.OG(K)., MPH., Ph.D.
Jajah Fachiroh, SP., M.Si., Ph.D.
Dr. Fitri Haryanti, S.Kp., M.Kes.
Sekretaris Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran dan Kesehatan FK-KMK UGM
Prof. dr. Gandes Retno R, M.Med.Ed., Ph.D.
Course Director
Prof. Dra. RA. Yayi Suryo P, M.Si., Ph.D.
dr. Gunadi, Sp.BA., Ph.D
6. Peserta pelatihan
Peserta pelatihan setiap batch berkisar antara 25-30 orang yang berperan sebagai pembimbing di Prodi Doktor FK-KMK UGM. Para pembimbing memiliki jabatan akademik minimal lektor. Pada akhir tahun 2024, peserta pelatihan akan dibuka untuk dosen pembimbing Doktor di fakultas-fakultas kedokteran dan kesehatan dari berbagai Perguruan Tinggi.