Sistematik review merupakan suatu penelitian sekunder yang mengumpulkan bukti-bukti ilmiah dari satu topik tertentu guna menjawab pertanyaan penelitian yang spesifik. Dengan melakukan sistematik review, peneliti berupaya menemukan berbagai penelitian yang sudah pernah dilakukan terkait satu topik khusus baik yang terpublikasi maupun tidak, kemudian mengevaluasi penelitian-penelitian tersebut dengan menggunakan metode yang sistematik dan transparan sehingga mengurangi bias serta memungkinkan replikasi serta verifikasi. Dalam piramida evidence-based medicine, sistematik review berada di puncak tertinggi level of evidence. Sistematik review menjadi salah satu keterampilan yang diharapkan dimiliki oleh mahasiswa doktoral guna menghasilkan penelitian yang kuat.
Kuliah Sistematik Review mencakup capaian pembelajaran lulusan (CPL) meliputi:
Sikap | S1 | Menunjukkan sikap Pancasilais dan kesadaran terhadap kepentingan bangsa dan negara |
S2 | Menunjukkan sikap jujur, bertanggung-jawab, percaya diri, kematangan emosional, beretika, mandiri, adaptif, dan kesadaran menjadi pembelajar sepanjang hayat. | |
Pengetahuan | P1 | Mampu mengevaluasi konsep integritas akademik secara umum dan konsep plagiarisme secara khusus, dalam hal jenis plagiarisme, konsekuensi pelanggaran dan upaya pencegahannya; |
P2 | Mampu mengkritisi filosofi keilmuan di bidang Ilmu Kedokteran dan Kesehatan; | |
P3 | Mampu mengombinasikan filosofi ilmu pada salah satu bidang Biomedik, Kedokteran Klinik, Kesehatan Masyarakat, Gizi, Keperawatan atau Pendidikan Kedokteran. | |
Keterampilan umum | KU1 | Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk menghasilkan solusi sesuai bidang keahlian secara berintegritas yang diwujudkan dalam dokumen saintifik; |
KU2 | Mampu mengembangkan peta jalan penelitian untuk menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin; | |
KU3 | Mampu mengembangkan jaringan kerja, beradaptasi, berkreasi, berkontribusi, melakukan supervisi, mengevaluasi dan mengambil keputusan dalam rangka menunjukkan kinerja mandiri dan kelompok untuk menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat. | |
Keterampilan khusus | KK2 | Mampu mengelola dan memimpin riset dengan pendekatan inter, multi dan transdisipliner serta peka terhadap kearifan lokal untuk menemukan jawaban dan atau memecahkan permasalahan kesehatan di tingkat nasional, regional maupun global; |
KK3 | Mampu menghasilkan dan menyebarluaskan karyanya dalam bentuk publikasi ilmiah di jurnal internasional bereputasi, dan atau menerapkan model, paten atau kebijakan untuk kemaslahatan masyarakat; |
Tujuan kuliah sistematik review:
- Memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa terkait penyusunan sistematik review
- Mendukung proses pengembangan proposal penelitian mahasiswa
Kuliah tahapan sistematik review dilaksanakan dalam delapan minggu dengan satu kali pertemuan per minggu. Topik yang disampaikan dalam kuliah yaitu:
No | Topik | Waktu |
1. | Penjaringan | 2 x 100 menit |
2. | Penyaringan | 2 x 100 menit |
3. | Sintesis kualitatif dan kuantitatif | 2 x 100 menit |
4. | Penyimpulan | 1 x 100 menit |
5. | Pendaftaran protokol sistematik review | |
6. | Penulisan proposal disertasi dan publikasi sistematik review | 1 x 100 menit |
Kuliah tahap sistematik review juga dilengkapi dengan program mentoring MeMo Sistematik Review yaitu program pendampingan oleh mentor bagi mahasiswa untuk menyusun sistematik review di semester kedua. Informasi lebih lengkap mengenai MeMo Sistematik Review dapat diakses di sini.
Di akhir perkuliahan, diharapkan mahasiswa telah memiliki minimal draft protokol sistematik review yang mendukung proposal disertasi yang akan dikembangkan.
Course Director
Dr. Rossi Sanusi, MPA., Ph.D
Materi terkait sistematik review dapat diakses melalui:
- Laman pribadi dr. Rossi Sanusi, MPA.,PhD melalui tautan berikut (klik disini)
- Gamel course MeMo Systematic Review (klik disini) (perlu log in dengan SSO UGM dan enroll course)