Mata Kuliah Penunjang Disertasi

Pendidikan

Pada tahun akademik 2021/2022, Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran-Kesehatan akan menawarkan beberapa mata kuliah yang dapat memperkaya dan menunjang topik disertasi mahasiswa. Mata kuliah ini diampu oleh dosen yang berasal dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM.

Usulan MKPD 2022 didasarkan atas daftar MKPD yang ditawarkan dan dipilih oleh mahasiswa selama empat tahun terakhir (2017-2020), disertai dengan pengelompokan mata kuliah untuk memudahkan mahasiswa dan tim promotor menetapkan MKPD yang dipilih. MKPD dikelompokkan menjadi 3 kelompok, yaitu mata kuliah terkait: (1) substansi keilmuan, dari 6 bidang keilmuan; (2) metodologi, mencakup metode penelitian, dan teknik penulisan; dan (3) teknik/prosedur.

Jumlah total SKS MKPD yang harus diambil mahasiswa pada semester kedua ini adalah 6 SKS, dengan jumlah minimal SKS untuk setiap mata kuliah sebesar 2 SKS. MKPD yang diambil meliputi mata kuliah dari dua atau tiga kelompok MKPD di atas, sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Untuk mata kuliah dengan 2 SKS, maka jumlah pertemuan dalam satu semester adalah 14 kali pertemuan, termasuk ujian tengah dan ujian akhir.

Berikut ini adalah mekanisme pengusulan MKPD 2022 untuk mahasiswa angkatan 2021/2022:

  1. Mahasiswa dan tim pembimbing mencermati MKPD yang ditawarkan oleh Program Studi S3 di FK-KMK UGM. Informasi MKPD 2022 dapat diakses di situs Prodi S3. Untuk MKPD yang diampu oleh dosen di luar FK-KMK UGM, maka mahasiswa dimohon mendiskusikannya dengan promotor tanpa perlu mengacu pada daftar MKPD yang ditawarkan.
  2. Untuk kelompok MKPD terkait metodologi dan teknik/lab praktikum, mahasiswa dan tim pembimbing sangat disarankan untuk memilih dari daftar yang tersedia. Apabila terdapat beberapa dosen pengampu yang memberikan MKPD yang sama, maka mahasiswa-promotor dapat memilih dosen yang sesuai. Sedangkan untuk MKPD terkait substansi keilmuan, mahasiswa dan tim pembimbing dapat memilih dari daftar yang tersedia atau mengusulkan MKPD baru sesuai kebutuhan mahasiswa.
  3. Mahasiswa mengisi formulir usulan MKPD (http://ugm.id/usulanmkpd). Untuk mengisi formulir tersebut, silakan login terlebih dahulu ke akun ugm.ac.id, kemudian mengklik link yang disediakan. Form disetujui oleh Promotor atau Ko-promotor dan dikirimkan melalui link yang disediakan.
  4. Untuk pengusulan MKPD baru, maka mahasiswa tetap mengisi formulir usulan di atas, akan tetapi mohon diinformasikan kepada tim promotor bahwa permohonan usulan MKPD diajukan oleh departemen tempat Promotor atau Ko-promotor bekerja kepada Prodi S3, dilengkapi dengan RPKPS (format RKPKS).
  5. Apabila MKPD baru tersebut merupakan mata kuliah di Program Studi Magister di lingkungan FK-KMK UGM, maka tidak memerlukan pengajuan dari departemen. Diharapkan dosen pengampu tetap memberikan waktu khusus bagi mahasiswa S3 untuk berinteraksi di luar sesi perkuliahan bersama tersebut.
  6. Untuk pengusulan MKPD yang diampu oleh dosen di luar FK-KMK UGM (MKPD baru ataupun lama), maka mahasiswa tetap mengisi formulir usulan di atas, akan tetapi mohon diinformasikan kepada tim promotor permohonan usulan MKPD dikirimkan oleh kepala departemen tempat Promotor atau Ko-promotor bekerja kepada Prodi S3, disertai dengan RPKPS (format RKPKS).
  7. Waktu pengusulan MKPD selambatnya pada tanggal Jum’at 25 Maret 2022.
 

Usulan MKPD selanjutnya akan diproses oleh sekretariat Program Studi S3 dengan mengirimkan surat permohonan pemberian MKPD kepada dosen pengampu. MKPD dilaksanakan pada semester kedua tahun akademik 2021/2022 dan diharapkan seluruh proses pembelajaran MKPD dapat dituntaskan dalam semester tersebut. Perkuliahan dimulai pada minggu pertama April hingga pertengahan Juli 2022. Pada setiap sesi pertemuan dengan dosen pengampu MKPD, mahasiswa diharuskan mengisi presensi dan materi serta waktu pelaksanaannya melalui google form yang dibuat oleh prodi (http://ugm.id/presensikuliahmkpd). Nilai MKPD diharapkan sudah diterima oleh Program Studi S3 selambatnya 25 Juli 2022.

Untuk mengakses RPKPS, silakan menggunakan akun email UGM dan klik tautan berikut ini:
https://drive.google.com/drive/folders/1jJiHHHw4Ml_CQ8_tKGa2dhhPdLLvYcWh

Daftar Mata Kuliah Penunjang Disertasi (MKDP)