Survei dan Tindak Lanjut

Mahasiswa

Survei ini dilakukan oleh Program Studi Doktor pada tahun 2024, dengan jumlah sampel 117 mahasiswa yang berasal dari berbagai Angkatan. Tujuan survei adalah mengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap berbagai aspek akademik dan non-akademik yang disediakan oleh Program Studi Doktor.

Persepsi mahasiswa terhadap dosen memberikan masukan pada aspek kepastian bahwa layanan dosen telah sesuai dengan ketentuan. Hal ini ditindaklanjuti Program Studi dengan penetapan waktu pengiriman untuk nilai MKPD dan penetapan waktu 2 minggu untuk penilaian kelayakan disertasi. Sedangkan penilaian untuk tenaga kependidikan telah ditindaklanjuti dengan percepatan layanan persuratan satu pintu dan template surat. Penilaian mahasiswa terhadap pengelola juga memberikan masukan pada kepastian bahwa layanan dosen telah sesuai dengan ketentuan. Beberapa perbaikan yang dilakukan adalah pada area pembekalan untuk publikasi, monitoring progres mahasiswa, pengajuan etik, pelatihan kualitatif, dan informasi layanan dan fasilitas yang ada. Aspek terakhir adalah sarana dan prasarana dengan masukan pada aspek kecukupan terkait fasilitas ruang kuliah, internet, dan usulan melanggan jurnal Embase. Seluruh perbaikan telah ditindaklanjuti dengan dengan hasil perbaikan yang terukur.

Dosen

Survei ini dilakukan oleh UPPS dan hanya diisi oleh 15 dosen. Item pertanyaannya tidak spesifik untuk Program Studi, namun tentang dosen secara umum. Meskipun demikian, Program Studi memanfaatkan data tersebut untuk melakukan perbaikan. Dari hasil survei, hanya 2 orang yang menjawab sangat baik untuk aspek beban kerja. Mengingat di Program S3 beban kerja terberat adalah peran dosen sebagai pembimbing, maka dilakukan penguatan peran dosen melalui pelatihan Good Practice in PhD Supervision (GPPS). Saat ini sudah menyelesaikan 5 batch pelatihan, dan pelatihan di batch 6 akan melibatkan dosen dari luar UGM.

Mitra

Survei ini juga dilakukan oleh UPPS dengan responden berjumlah 63 mitra. Hasil penilaiannya memberikan masukan pada komponen biaya/dana kerjasama yang memperoleh penilaian cukup banyak yang tertinggi. Untuk memahami tentang hal ini, maka akan dilakukan rapat koordinasi dengan pihak mitra saat ini (RS JEC dan RS Kanker Dharmais) untuk memahami permasalahan tentang biaya/dana kerjasama dan harapan mereka terhadap kerjasama ini.

Pengguna Lulusan

Penilaian yang kurang adalah pada aspek Bahasa Inggris dan Komunikasi. Untuk meningkatkan kompetensi bahasa Inggris dan Komunikasi, maka hal ini telah diinformasikan kepada mahasiswa baru saat kuliah perdana dan mentor MeMo serta mendorong mahasiswa untuk melakukan pengembangan secara mandiri

Lulusan

Aspek lulusan yang paling sedikit memperoleh penilaian sangat baik adalah terkait biaya layanan FK-KMK bagi alumni. Untuk menindaklanjuti hal ini maka Program Studi akan merekrut satu sekretaris, meningkatkan akses informasi terkait biaya layanan melalui website.

Accessibility